NIAS BARU

Nias Bangkit, Nias Berjuang, Nias Bertindak, Nias Sejahtera!

  • December 2016
    M T W T F S S
    « Nov    
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031  
  • Ya’ahowu Banuada

    Salam dari saya, Marinus Waruwu. Weblog "Nias Baru: Ya`ahowu Tano Niha" ini kita jadikan wahana bertukar pikir serta mengerti lebih dalam "berita aktualita Nias". Partisipasi masyarakat Nias sangat diharapkan. Ya'ahowu. Nias berjuang, Nias Nias bertindak, Nias Sejahtera, Nias maju. Semoga!
  • Pages

  • Marinus W. : Abad-21, Kematian Modernitas dan Kebangkitan Agama-agama

    Abad-21 identik dengan bangkitnya agama-agama. Kebangkitan Agama-agama bukan dikarenakan modernitas tidak mampu lagi menjawab segala tuntutan hidup manusia. tapi karena modernitas tidak menyentuh inner/hati manusia yang bersifat rohani yang merupakan inti dari kemanusiaan itu sendiri. artinya modernitas hanya terbatas pada materi, kenikamatan hidup, sementara bagian dalam manusia tidak tersentuh sehingga manusia mengalami kekosongan rohani. akibatnya, hidup manusia selalu identik dengan kegelisahan, kekacauan, dan rasa ketidakbermaknaan hidup. mungkin saja karena modernitas hanya bergulat dengan sisi luarnya saja. artinya yang fisikal semata. sedangkan inti dalamnya terabaikan. akibatnya, Agama adalah pelabuhan terakhir hidup manusia. sebab sisi dalam hidup manusia, hanya agama yang bisa memasukinya. sayang, kebangkitan agama-agama bagai pisau bermata dua. di satu sisi, agama dapat mengkonstruksi kembali hidup manusia yang sudah hancur karena kegelisahan. di sisi lain, agama justru menjadi sebab terjadinya krisis sosial akhir-akhir ini. triumfalisme atau rasa benar sendiri agama-agama tertentu mengakibatkan munculnya fundamentalime yang berujung pada kekerasan, penganiayaan, kefanatikkan, rasa saling curiga dan saling tidak percaya antar komunitas sosial. dan ujungnya juga adalah kekerasan terhadap kemanusiaan. lalu setelah modernitas dan agama ternyata sama-sama penyebab krisis dalam hidup manusia, kemanakah nantinya manusia berlabuh. adakah paham selain itu, apakah ateis.
  • Nias bangkit, Nias berjuang, Nias sejahtera, Nias sejahtera!

    Bukanlah slogan kosong untuk masyarakat nias. Tapi slogan nias bangkit, berjuang, bertindak, sejahtera adalah slogan yang punya makna. makna apa? makna kebangkitan masyarakat nias dari ketertinggalan dan keterpurukannya terutama dalam bidang pendidikan, ekonomi, dan segala bidang lainnya. Caranya adalah melalui modernisasi pendidikan. Pendidikan adalah salah satu cara terbaik untuk membawa nias ke arah kemajuan. Bila masyarakat punya pola pikir maju dan punya visi dan misi ke depan bukan tidak mungkin masyarakat kita nias dalam 10 tahun ke depan akan sejajar dengan daerah-daerah lain yang telah mencicipi kemajuan.
  • Asking Pardon and Forgiving Offenses:

    You should either avoid quarrels altogether or else put an end to them as quickly as possible; otherwise, anger may grow into hatred, making a plant out of a splinter, and turn the soul into a murderer. For so you read: “ Everyone who hates his brother is a murderer “ (I Yoh 3:15) Whoever has injured another by open insult, or by abusive or oven incriminating language, must remember to repair the injury as quickly as possible by an apology, and he who suffered the injury must also forgive, without further wrangling. But if they have offended one another, they must forgive one another`s trespasses for the sake of your prayers which should be recited with greater sincerity each time you repeat them. Although a brother is often tempted to anger, yet prompt to ask pardon from one he admits to having offended, such a one is better than another who, though less given to anger, finds it too hard to ask forgiveness. But a brother who is never willing to ask pardon, or does not do so from his heart, has no reason to be in the community, even if he is not expelled. You must then avoid being too harsh in your words, and should they escape your lips, let those same lips not be ashamed to heal the wounds they have caused. Thank You!
  • Tulisan Teratas

  • Meta

SHARING ROHANI

Hopeful prayer

 

Allah, Bapa di surga, kasih setia-Mu kekal abadi. Eengakulah tumpuan hidup dan harapanku. Tanamkanlah dalam hatiku pengharapan yang teguh akan kasih dan kebaikan-Mu; pengharapan yang menjiwai seluruh hidup Putera-Mu Yesus Kristus. Berilah aku pengharapan yang kuat karena yakin bahwa Engkau selalu besertaku. Semoga aku selalu menyandarkan diri kepada-mu dalam suka dan duka. Aku mohon pengharapan yang teguh supaya aku tidak mudah putus asa dalam penderitaan dan kekecewaan.

 

Bapa, semoga pengharapan yang kuat selalu menjiwai seluruh hidupku. Dalam pengaharapan itu aku akan membangun hidup dan masa depanku. Dalam pengaharapan itu pula aku percaya akan memperoleh hidup abadi bersama Engkau. Ya Allah, teguhkanlah pengharapanku.

 

 

20 Responses to “SHARING ROHANI”

  1. sibayada said

    Karena tertarik dengan kehidpan orang-orang yang bekerja sebagai cleaning service, beberapa waktu lalu saya ngobrol & berbicara dengan mereka. Saya mengajukan beberapa pertanyaan, dan salah satunya adalah sebagai berikut:

    1 Mengapa saudara memilih pekerja Cleaning Service?
    Pak saya memilih pekerjaan ini karena terpaksa. Tidak ada yang lain selain ini. Hanya di sini saya diterima.
    2. Pengalaman apa yang paling menarik atau yang paling membahagiakan saudara selama bekerja di sini?
    Tidak ada pengalaman yang yang paling menarik Pak. Paling pengalaman yang menarik hanya ketika saya dapat gaji. Selain itu, saya juga mendapat pahala dari ALLAH SWT.
    3. Pengalaman apa yang paling menyakitkan hati saudara selama menjalani pekerjaan ini atau bekerja di sini?
    Pengalaman yang menyakitkan ya itu…ketika ada sedikit kekurangan, saya langsung diomelin sama leader. Marah-marah terus sih Pak.
    4. Bagaimana perasaan saudara atau tanggapan saudara terhadap orang yang tidak menghargai kerja keras saudara dalam melakukan pekerjaan?
    Kalau saya Pak tidak marah. Memang itu sudah tugas dan kewajiban saya. Walaupun saya sakit hati, tetapi percuma saya marah.
    5.Sejauh mana saudara mengalami dan merasakan keramahan dari sesama anggota karyawan dan orang-orang yang berkunjung di sini?
    Kayak saudara sendiri Pak. Mereka menganggap saya sebagai saudara. Begitu juga saya, saya menganggap mereka sebagai saudara sendiri.
    6. Apakah saudara merasa diperhatikan dan diperlakukan dengan baik oleh pimpinan saudara di tempat kerja? Dalam bentuk apa?
    Tergantung Pak. Kalau pada saat kerja, pimpinan pasti tegas, dan berani marah. Tetapi kalau diluar kerja pimpinan ramah.
    7. Apa yang saudara harapkan berkaitan dengan pekerjaan saudara?
    Saya pingin peningkatan jabatan…

    Kesimpulan:
    Dari dialog kami dengan kelompok Cleaning Service, ada dua hal yang menjadi keslimpulan utama kami yaitu:
    •Bahwa mereka bekerja sebagai seorang cleaning service sebetulnya bukan karena memang itu pekerjaan yang diinginkan. Akan tetapi mereka terdeksa dengan kebutuhan ekonomi. Hal itu terjadi karena di luar tidak ada lagi kesempatan kerja dan hanya di situlah kesempatan yang ada untuk mereka. Pada awal bekerja sebagai cleaning service, ada pemberontakan dalam diri mereka karena bagi mereka pekerjaan ini sangat rendah manfaatnya, kegunaan bagi ekonomi keluarga bahkan dikatakan sebetulnya bekerja di sini hanya membuang-buang waktu saja. Tetapi apa boleh buat, mungkin hanya ini rejeki dari Allah SWT sehingga dijalani, dan diterima saja rejeki yang diberikan Allah SWT kepada manusia, kata salah seorang karyawati cleaning service. Menjadi seorang cleaning service bukan karena terpaksa, karena putus asa, tetapi hanya ini rejeki dari Allah SWT mas, lanjutnya.
    •Dari sini, kami dapat melihat hikmahnya bahwa walaupun hanya ini pekerjaan mereka, tetapi mereka tidak pernah putus asa, putus harapan. Bagi mereka hanya ini rejeki yang diberikan Allah kepada mereka. Rejeki yang lainnya pasti ada dari Allah SWT. Tetapi bukan sekarang, pasti ada waktunya mas, Allah sudah memikirkan semuanya, sambung salah seorang karyawati.
    •Pelajaran yang dapat dipetik dari mereka ini semua adalah “kesabaran”. Menjadi seorang yang sabar memang bukan perkara mudah, karena ada banyak orang di luar sana yang membunuh saudaranya, berbuat kriminal atau putus harapan untuk tidak bisa hidup lagi hanya karena kehilangan yang namanya kesabaran. Tetapi bagi mereka kesabaran itu mutlak ada dalam pekerjaan! Tanpa kesabaran mungkin sekarang ini mereka sudah kehilangan pekerjaan sebagai cleaning service. Kesabaran yang dimaksud adalah ketika para pengunjung di Rumah Sakit tempat mereka kerja menganggap rendah pekerjaan mereka, misalnya ketika melewati lantai yang sedang dibersihkan jarang para pengunjung minta permisi, atau paling tidak memberi senyum, menyapa yang dapat memberi kelegaan buat mereka, namun biasanya para pengunjung senangnya main serobot saja dengan cuek bebeknya sehingga lantai yang barusan dibersihkan kotor lagi. Memang saat itu, kebanyakan dari mereka pingin marah! Tetapi apa boleh buat. Mereka tidak mampu untuk mengungkapkannya. Mereka menyimpan saja dalam hatinya, tidak mampu menegur juga sebab takut dimarahi oleh leader.
    •Bagi kami, “kesabaran” dalam diri mereka patut diangkat ke atas. Walaupun mereka kurang mendapatkan hospitalitas yang baik dari para pengunjung Rumah Sakit, mereka sabar saja. Walaupun marah, tetapi tetap saja sabar…sabar…dan sabar….
    •Yang patut dipelajari dalam hidup mereka adalah keramahan atau hospitalitas sesama anggota karyawan itu penting. Bahkan ada motto mereka dalam bekerja yaitu, SENYUM, SAPA, SALAM, bagi mereka ketiga hal ini merupakan obat mujarab “kelelahan” dalam bekerja. Dengan senyum, sapa, salam, maka persatuan, keakraban sesama anggota karyawan dapat terjalin dengan baik. Dengan senyum, sapa, salam segala perbedaan yang sering muncul diantara para karyawan dapat diatasi, yang pada akhirnya mereka bisa saling memahami, saling mengerti, saling terbuka, saling menolong satu sama lain.

    Bagi saya menariklah!

  2. berbahagialah orang yang selalu rendah dalam tuhan???????

  3. sehati lombu said

    JADI HIDUP BERARTI
    Keindahan yang harus dikagumi,
    Pertanyaan yasng harus di jawab,
    Peluang yang harus di manfaatkan,
    Persoalan yang harus dipecahkan,
    Rahmat yang harus dikembangkan,
    Kasih yang harus dibagikan,
    Harta yang harus dipelihara,
    Tantangan yang harus dihadapi
    Perjuangan yang harus dimenagkan,
    Perjuangan yang harus dimenangkan,
    Kesusahan yang harus diatasi,
    Misteri yang harus diselami
    Kegembiraan yang harus disebarkan,
    TRagedi yang harus diselami,

    Cinta yang harus di nikmati,
    Tugas yang harus dilaksanakan,
    Romantikan yang harus dirangkul,
    Resiko yang harus diambil,
    Lagu yang harus dilagukan,
    Anugrah yang baik didayakan,
    Permainan yang menyenangkan,
    Impian yang baik untuk diwujudkan,
    Perjalana yang harus ditempuh,
    Janji yang baik ditepati,
    Iman yang baik untuk diwartakan,
    Pohon yang harus dipandang
    Stefani Sehati lombu
    Desa Hilisangawola
    kec. Mandehe

  4. Marinus W. said

    Iya…yaodo memang sangat tertarik dgn kata2 yg sangat puitis itu dr ka..

    sy daah print dan tiap waktu selalu sy baca heheheehee…bolehkah?

    Yaahowu

  5. Hasanolo Waruwu said

    Yang paling Diberkati Secara Melimpah

    Aku meminta kekuatan kepada Tuhan, supaya aku berhasil,
    aku dibuat lemah, supaya aku dengan rendah hati belajar untuk taat,
    aku meminta kesehatan, supaya aku berbuat perkara-perkara yang lebih besar,aku diberi kerentanan, supaya aku berbuat perkara-perkara yang lebih baik,
    aku meminta kekayaan, supaya aku menjadi bahagia,
    aku diberi kemiskinan, supaya aku menjadi bijaksana.
    aku meminta kekuasaan, supaya aku dipuji-puji manusia,
    aku diberi kelemahan, supaya aku merasakan kebutuhan akan Tuhan.
    aku meminta segala sesuatu, supaya aku menikmati hidup,
    aku diberi hidup, supaya aku menikmati segala sesuatu.
    aku tidak medapatkan apa yang kuminta tetapi segala yang kuharapkan.
    hampir di samping diriku sendiri, semua doaku yang tak terucapkan dijawab.
    Aku adalah, diantara semua manusia, yang paling diberkati secara melimpah….

    Tentara sekutu tanpa nama…

    • sehati lombu said

      salam jumpa Paman lewatWeb”s ini,refleksinya menguatkan. smoga dengan refleksi ini menjadi semangat baru untuk tetap memaknai segala peristiwa yang kita alami setiap, dan selalu menyadari bahwa Tuhan sell Berada bersama kita.

      yaahowu dano niha
      sehati lombu

  6. Marinus W said

    Yaahowu Pak Talu

    Wah kata-katanya sangat puitis sekali Pak Talu. Menurut saya bagus klo dijadikan sebagai salah satu bahan untuk skenario film yang kemarin hehehehehe….

    Selamat datang di Nias Baru, tempt kita shari sesama ono niha.

    Yaahowu

    • shalom!!! apa kabar? sharingnya luar biasa….kiranya kita terus dimotivasi dalam segal hal…JBU all
      @ Bang Hasan Thanks apa kabar
      @ K, Sehati JBU
      @ waruwu….JBU to

      • sehati lombu said

        yang saya kasihi ira talifusogu fefu…………. turia moroi khogu…. sehat dan baik adanya…………..bagaimana kabar masing2.

  7. Sehati Lombu said

    Love is a feeling that must exist within each human. It is like a drop of dew that fell from the sky. Clean and pure. Only accept a different land. If he falls a barren ground, he akn grow as a liar, cheater and things – things that other tercelah. If he fell in fertile ground, there will grow purity, sincerity, loyalty, and noble manners and praiseworthy other temperament …….

    yaahowu talifuso …….
    of sisters. one heart Lombu

  8. sehati lombu said

    Zamana
    In the shadow of your face I found love and live,
    Which has long been in the past I’m looking for
    You came to me you have to offer innocent heart nan
    Always have you understand hastrat in
    You play me a song about the city in the clouds
    Where there is peace into his palace and is now
    You take me there menujun oh … … … … … … … … … … ….
    It turns out your heart full of love language
    Yang terungkapn definitely in love dansedih

  9. buala sokhi lombu said

    buala s ;lombu

    saya bangga dengan sharing saudara2 seiman ?? asalkan tetap setia pada perkara kecil maka tuhan akan memberi kita perkara yg besar,artinya kita lakukan dan slalu berkomitmen dlm prinsip tuhan bukan manusia.
    buat saudara/i yg terkasih imanilah apa yg di ilhamkan firman tuhan secara konsisten nyata bukan hanya perkataan tapi perbuatan amin ????
    kerendahan hati bukanlah sikap atau cara berbicara yg merendah melainkan kerelaan utk tdk dikenal atau disanjung.’

  10. Yanu Zega said

    Pertanyaan, Siapakah Aku? dan siapakah Tuhan? adalah pertanyaan yang tidak bisa dipisahkan. karena semakin kita mengenal siapakah Tuhan, maka kitapun semakin mengenal diri sendiri dan sebaliknya. Siapakah saya? Sebenarnya manusia adalah Ciptaan Tuhan yang diberi kemampuan khusus untuk mengenal dan melakukan Kasih, Kesucian dan Kebenaran yang tidak dimiliki oleh manusia lain. jika demikian, mengapa tidak ada manusia yang mampu melakukan itu dengan sempurna? jawabannya adalah karena manusia telah jatuh dalam dosa sehingga hal-hal khusus tadi menjadi rusak. sejak manusia pertama (adam) telah memilih melakukan dosa, bukan lagi kasih, kesucian dan kebenaran hingga kita sekarang. dalam posisi inilah semua manusia dimurkai oleh Allah dengan hukuman kekal dalam neraka. bagaimana supaya kita terlepas? ada yang mengatakan, “minta ampun kepada Tuhan, dia kan baik dan pasti mengampuni” ini sama halnya dengan seorang ayah yang melarang anaknya tidak boleh pulang diatas jam 11 malam, lalu anaknya melanggar dengan pulang jam 1 pagi, lalu sang ayah membiarkan begitu saja. perhatikan bahwa Tuhan bukan begitu, kalau kita lakukan dosa kemudian minta ampun, lalu Dia ampuni begitu saja. ada juga yang berkata kalau perbuatan baik dan jahat kita ditimbang, kalau dosanya ringan berarti selamat. ingatkah istilah gara-gara setetes tubah rusak air sebelanga? bisakah air yang banyak tadi dianggap baik karena bercampur tubah setetes? tidak! sesungguhnya dimata Tuhan dosa harus dihukum. kalau begitu bagaimana? percayalah bahwa Tuhan sangat mengasihi kita semua. Dia sendiri telah menanggung hukuman itu bagi kita. Dia telah datang kedunia ini dalam Kristus dan rela disalib mati ganti kita. ada memang yang mengatakan begini: kalau kucing yang salah kenapa anjing yang dipukul, inikan tidak adil? saya hanya menjawab begini: sangat mungkin bagi seorang ayah menggantikan anaknya dalam penjara demi anaknya bebas. itulah yang Tuhan lakukan, Ia bapa yang baik bagi kita anak-anakNya. Dia hanya minta satu saja: percayalah bahwa itu Dia lakukan semua demi keselamatan kita. amin.

  11. juspani lase said

    “I beliave that tomorow will be better” adalah kunci yang sangat berharga dan dapat memberi semangat tersendiri bagi seseorang dalam menjalani hidup ini….so…hidup akan menjadi indah dan menyenangkan sekali…….happy in your life noe and for ever……

  12. Apul Sam said

    Syalom saudaraku Ono Niha n semuanya,

    Trims, di sini saya bisa ketemu ‘rekan-rekan’ para pencari Tuhan..
    Syukur dengan penjelasan pada respon/komen pak Yanu Zega (no.10); salam kenal ya pak, Ya’ahowu!
    Bapak aktif di penginjilan?
    Sedikit tambahan dari kami, Mempercayai DIA(TUHAN) dan sekaligus mengandalkan(kuasa nama)NYA dalam setiap hal dan/atau “usaha” kita.
    Saohagölö buat owner blog… Saohagölö semuanya; kiranya media (sharing) ini kian menjadi bejana berkat bagi setiap pengunjungnya, Amin; PTL!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: