NIAS BARU

Nias Bangkit, Nias Berjuang, Nias Bertindak, Nias Sejahtera!

  • December 2016
    M T W T F S S
    « Nov    
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031  
  • Ya’ahowu Banuada

    Salam dari saya, Marinus Waruwu. Weblog "Nias Baru: Ya`ahowu Tano Niha" ini kita jadikan wahana bertukar pikir serta mengerti lebih dalam "berita aktualita Nias". Partisipasi masyarakat Nias sangat diharapkan. Ya'ahowu. Nias berjuang, Nias Nias bertindak, Nias Sejahtera, Nias maju. Semoga!
  • Pages

  • Marinus W. : Abad-21, Kematian Modernitas dan Kebangkitan Agama-agama

    Abad-21 identik dengan bangkitnya agama-agama. Kebangkitan Agama-agama bukan dikarenakan modernitas tidak mampu lagi menjawab segala tuntutan hidup manusia. tapi karena modernitas tidak menyentuh inner/hati manusia yang bersifat rohani yang merupakan inti dari kemanusiaan itu sendiri. artinya modernitas hanya terbatas pada materi, kenikamatan hidup, sementara bagian dalam manusia tidak tersentuh sehingga manusia mengalami kekosongan rohani. akibatnya, hidup manusia selalu identik dengan kegelisahan, kekacauan, dan rasa ketidakbermaknaan hidup. mungkin saja karena modernitas hanya bergulat dengan sisi luarnya saja. artinya yang fisikal semata. sedangkan inti dalamnya terabaikan. akibatnya, Agama adalah pelabuhan terakhir hidup manusia. sebab sisi dalam hidup manusia, hanya agama yang bisa memasukinya. sayang, kebangkitan agama-agama bagai pisau bermata dua. di satu sisi, agama dapat mengkonstruksi kembali hidup manusia yang sudah hancur karena kegelisahan. di sisi lain, agama justru menjadi sebab terjadinya krisis sosial akhir-akhir ini. triumfalisme atau rasa benar sendiri agama-agama tertentu mengakibatkan munculnya fundamentalime yang berujung pada kekerasan, penganiayaan, kefanatikkan, rasa saling curiga dan saling tidak percaya antar komunitas sosial. dan ujungnya juga adalah kekerasan terhadap kemanusiaan. lalu setelah modernitas dan agama ternyata sama-sama penyebab krisis dalam hidup manusia, kemanakah nantinya manusia berlabuh. adakah paham selain itu, apakah ateis.
  • Nias bangkit, Nias berjuang, Nias sejahtera, Nias sejahtera!

    Bukanlah slogan kosong untuk masyarakat nias. Tapi slogan nias bangkit, berjuang, bertindak, sejahtera adalah slogan yang punya makna. makna apa? makna kebangkitan masyarakat nias dari ketertinggalan dan keterpurukannya terutama dalam bidang pendidikan, ekonomi, dan segala bidang lainnya. Caranya adalah melalui modernisasi pendidikan. Pendidikan adalah salah satu cara terbaik untuk membawa nias ke arah kemajuan. Bila masyarakat punya pola pikir maju dan punya visi dan misi ke depan bukan tidak mungkin masyarakat kita nias dalam 10 tahun ke depan akan sejajar dengan daerah-daerah lain yang telah mencicipi kemajuan.
  • Asking Pardon and Forgiving Offenses:

    You should either avoid quarrels altogether or else put an end to them as quickly as possible; otherwise, anger may grow into hatred, making a plant out of a splinter, and turn the soul into a murderer. For so you read: “ Everyone who hates his brother is a murderer “ (I Yoh 3:15) Whoever has injured another by open insult, or by abusive or oven incriminating language, must remember to repair the injury as quickly as possible by an apology, and he who suffered the injury must also forgive, without further wrangling. But if they have offended one another, they must forgive one another`s trespasses for the sake of your prayers which should be recited with greater sincerity each time you repeat them. Although a brother is often tempted to anger, yet prompt to ask pardon from one he admits to having offended, such a one is better than another who, though less given to anger, finds it too hard to ask forgiveness. But a brother who is never willing to ask pardon, or does not do so from his heart, has no reason to be in the community, even if he is not expelled. You must then avoid being too harsh in your words, and should they escape your lips, let those same lips not be ashamed to heal the wounds they have caused. Thank You!
  • Tulisan Teratas

  • Meta

USUL ANDA

Redaktur sangat mengharapkan usul, saran maupun masukan dari talifusogu ono niha. Karena itu, segala masukan, saran dari anda adalah demi kebaikan saya dan juga kita semua.

34 Responses to “USUL ANDA”

  1. Restu Jaya Duha said

    Yth. Redaktur Weblog Suara Nias Baru
    Bapak Marinus Waruwu

    Saya usul:
    – Tolong tampilkan di tampilan awal ciri khas Nias (Kultur Nias, Rumah Adat, Pantai, Peta, Flora, Fauna atau dll)
    – Tolong tampilkan format yang menarik (warna, tata letak atau dll)

    Demikian usul saya sementara. Semoga berkenan.
    Terima kasih. Sukses.

    Ya’ahowu

    Restu Jaya Duha

  2. Tenonaha said

    Ya’ahowu Pak Marinus,

    Barangkali kolom “Riwayat Hidup Pengunjung” ada baiknya bila diganti nama menjadi “Jati Diri Pengunjung,” saja. Soalnya, para pengunjung bukan sedang melamar pekerjaan bila mengunjungi dan memperkenalkan diri melalui situs ini sehingga harus menyertakan riwayat hidup segala, bukan?

    Saohagölö
    Tenonaha

  3. Y. Waruwu said

    Salam jumpa!

    Supaya lebih menarik hendaknya berita yang diposting punya keseimbangan antara opini dan kupes (kopi-paste) dari sumber lain.

    Sebagai referensi, lihat berita-berita yang pernah lalu-lalang di planet.towitowi.com supya mendapat prospek yang lebih menarik.

    Ya’ahowu!

  4. Hanafi Zebua said

    Hendaknya berita sekitar perkembangan pendidikan di nias ditampilkan juga pak moderator.

    Jokjakarta

  5. Marinus W. said

    Semua masukan dari Anda akan saya usahakan ya…

    • pak sumitro said

      : JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT…

      : JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT…

  6. FOIMAN ZEGA said

    YA’AHOWU!
    bang aq ada usul ni buat abang ,gimana kalau abang cantumkan foto2 rumah adat kita nias dan lompat batu.
    bang foto abang mana?boleh kasi fs nya.
    Tuhan beserta abang.
    ini dari iman zega.
    lahir di nias awa’ai hilimbosi.
    MEDAN

  7. halo b.marinus apa kbr? saya Bebalzi sekarang di jawa timur. kapan balik kenisa?

  8. Ya’ahowu…
    Saya berharap situs ini bisa memberikan informasi perkembangan diNias pasca pemekaran 3 wilayah kabupaten/kotamadya.
    Saling memberikan ide/pikiran dan informasi perkembangan diNias bertujuan untuk mewujudkan Nias Baru dan Sejahtera, sesuai harapan kita semua.
    Terimakasih, salam persaudaraan.. Gbu!

  9. Marinus W. said

    Salam Kasih Bapak Ama Rubeno

    Satu kata: Kemajuan!
    Kata kemajuan menjadi inspirasi ketika membuat blog http://www.niasbaru.wordpress.com. Sebagai Ono Niha, saya (mungkin saudara juga ) dengan jujur mengakui, bahwa hampir dalam segala hal Nias jauh tertinggal dengan daerah lain. Dan saya sebagai salah satu insan kaum muda Nias, punya impian suatu ketika Nias bisa menyamai kemajuan yang terlebih dahulu sudah diraih oleh daerah lain. Menurut saya, titik sentral kemajuan Nias terletak pada pembenahan sumber daya manusianya. Bila Anak-anak muda Nias berkualitas, berpendidikan tinggi, punya keterampilan atau inovasi tinggi, maka impian mewujudkan masyarakat Nias yang maju, sejahtera akan dengan mudah tercapai. Itulah sebuah mimpi yang menjadi kenyataan bila terbangun kerja sama yang baik antara kita Ono Niha. Juga perhatian pemerintahan terhadap pembangunan SDM Nias tidak kurang.

    Karena itu, apa yang telah dikatakan oleh Bapak Ama Rubeno sebelumnya betul. Walaupun Ono Niha berpencar-berpencar dimana-mana, tetapi bila kita tetap berhubungan satu sama lain, saling membangun kepercayaan, dan punya cita-cita yang sama dalam memajukan Nias, maka usaha membangun Nias bukanlah hal sulit.

    Dan Blog ini menjadi sarana & wahana buat kita Ono Niha untuk bertukar pikir sesama Ono Niha bagaimana mewujudkan Nias yang sejahtera.

    Terima Kasih Bapak Ama Rubeno.

    Yaahowu!

  10. Rony Bensu said

    (Salam dari saya, Marinus Waruwu. Weblog “Nias Baru: Ya`ahowu Tano Niha” ini kita jadikan wahana bertukar pikir serta mengerti lebih dalam “berita aktualita Nias”. Partisipasi masyarakat Nias sangat diharapkan. Ya’ahowu. Nias berjuang, Nias Nias bertindak, Nias Sejahtera, Nias maju. Semoga!)

    Membaca kalimat di atas, saya mengusulkan :
    1. bagaimana kalau moderator cukup menyebut nama dan tempat tinggal saja, identitas lain dikurangi …agar saudara-saudara lain ‘nyaman’ berdiskusi.
    2. kurangi “copy-paste” dari sumber lain, sehingga lebih fokus pada tema-tema yang lebih aktual .
    3. Usulan tema- tema diskusi: memahami identitas Nias dalam sudut pandang nilai-nilai budaya , alternatif pola pendidikan di nias.

    salam

  11. Ya’ahowu Tano Niha

    Bapak Redaktur yang saya hormati, kebetulan saya putra nias dari kecamatan Afulu yang berdomisili di Kota Padang sejak tahun 2003 untuk melanjutkan studi, saya juga termasuk pemerhati NIAS ya sebagai putra daerah memang harus begitu. Namun saya selalu kurang data tentang perkembangan NIAS setiap Minggu. Terus saya juga punya web blog, saya minta izin buat bapak untuk mengambil setiap berita perkembangan di NIAS khususnya PENDIDIKAN, dan saya juga mohon kepada bapak agar web blog saya untuk di tautkan ke web ini.

    Oya pak, sekian banyak saya membaca berita-berita NIAS tapi jarang sekali menampilkan tentang Khazanah Pendidikannya, oleh karena itu saya minta kepada Bapak Khazanah pendidikan kita juga di beritakan, karena awal pembangunan masyarakat itu ya tentu dari mutu pendidikan juga.

    terima kasih pak.

    hormat saya

    Alim Marwin Zalukhu

  12. sandi zai said

    Yaho’owu.
    Saya meruapakan masyarakat nias diperantauan saya banyak mengikuti perkembangan tentang nias yang merupakan asal kita dan selama Indonesia merdeka 63 Tahunlebih,mungkin masyarakat nias bisa dibilang belum merdeka,sebab ada beberapa hal yang masih terbelenggu yaitu:
    1 Taraf hidup ekonomi masayarakt nias masih dibawah taraf pendapatan ekonomi daerah lain.
    2.Masih terpetak-petaknya pola pikir masyarakt nias dan banyak dijadikan alat untuk kepentingan pihak-pihak tertentu saja,
    3.Taraf pendidikan di pulau nias masih rendah.
    dan yang menjadi yang terpenting adalah bagaimana para pemikir muda (belum terkontaminasi oleh hal-hal yang menguntungkan diri sendiri) tetapi memikirkan daerah nias untuk lebih lagi berpacu agar bangkit,maju dan diperhitungkan oleh daerah lain (positif)bersatu untuk saling sharing ataupun membentuk wadah yang ddasari dnegan hati yang luhur untuk membangun nias tanpa balas jasa.
    Kepada pengelolah niasbaru.wordpress.com agar hal ini dijadikan wadah ataupun saling bertukar ilmu pengetahuan bagaimana dapat membangun nias,kalau bisa digaungkan sampai ke luar negeri.

  13. Ya’ahowu, Bpk. Redaktur…

    Blog yang cukup menarik dan saya yakin bahwa tulisan2 yang ada di sini sangat membantu ono niha.
    Saya ada satu permohonan yang mana saat ini telah ada Social Networking khusus Ono Niha, dan bila berkenan “embed” dari situs ini supaya bisa dipasang di blog ini.

    Sebelumnya saya banyak ucapkan terima kasih.

    “Embed” nya:

    Visit niasbook

  14. risman laoli said

    ya’ahowu..
    blog ini sangat menarik dan mudah-mudahan dapat menjadi salah satu tempat kita untk dapat berkomunikasi demi kelanjutan daerah kita nias.maju berartiharus dilakukan secara bersama-sama, bergandengan tangan dan memiliki satu komitmen. kalau kita ingin maju maka kita arus memulai dari peningkatan pendidikan. karena yang saya dengar pendidikan dapat memberantas kemiskinan. dan kesejahteraan harus ditingkatkan pula. ini saran saya untuk sementara. tks

  15. Peduli Nias said

    Kepada seluruh masyarakat nias. Yth. Bpk Kapolda, KPU Sumut, KPU Nias, Panwas Nias, Kapolres Nias…

    PENTING!!!
    MOHON DI USUT!!!

    Adanya indikasi anggota KPU Nias (An. YA’ATULÖ HALAWA).
    ikut mengkondisikan perolehan suara kepada salah seorang Caleg propinsi, dengan mempengaruhi beberapa KPPS-PPK.
    ini perbuatan yg akan merusak Pemilu di Sumut dan situasi Keamanan.

    Harus diberantas dan di usut cepat!!!

    Dari Kami :
    FRONT PEMANTAU JURDIL SUMUT

    KAMI PEDULI NIAS!!!!

  16. surya said

    bang,sebaiknya perhatian skrg kita fokuskan ke RSU gunungsitoli karena dari dulu sampe sekarang
    pasiennya banyak yg mati. coba sebabnya apa, karena kelalaian dokter2nya, ga peduli ma pasien.
    masa’ bertahun2 kyk gitu terus???
    malam perawt2 nya tidur.. klo ada apa2 ma pasien susah banget minta bantuan mereka..
    ga profesional gitu. makan gaji buta aja…

  17. yaahowu!!!! pada bulasn desember kemarin saya pulang ke nias, dan saya melihat perubahan yang sunnguh luar biasa di bandind tahun-tahun sebelumnya, baik itu jalan, tatanan kota dan lain-lain. namaun sayang sekali pemabngunan itu hanya baias di nikamti oelha koata gunung sitoli dan sekitar jalan protokol saja(yang di lintasi oleh kendaraan setiap hari) yang dapat menikamti. kenapa saya berkata demikian…pasa saya sampai di kec mandrehe menuju desa saya di hilisangawola jalannya sangat-sangat parah… sangat parah….. untuk itu melalui media ini secara khusus kepada sdr Marinus Untuk menyampaikan usul saya ini kepada pemerintah daerah nias apalagi saudara adalah warga desa hilisangawola, supaya nhilisangawola dan sekitarnya dilihat oleh pemerintahbaik itu jalan/apalgi listrik jangan dipandang sebelah mata….sekali lagi saya mohon diperhatikan!!!!!
    saoahgolo
    by bebalazi Lombu
    bisa di add di Facebook & twitter denagn alamat beb_lombu@yahoo.co.id

  18. Darwin Cambridge Gl. said

    Yaahowu Banuada!

    Saohagolo usul moroi kho dalifusoma Beba Gulo. Daana mungkin tola simoi perhatian nda amada siso ba wamareta ba nias. Bapak Marinus sebagai pemilik situs nias baru ini enao tola efa`ema usul dalifusoda Beba daana khora amada famareta.

    Salam kenal sdr. Bebazai Lombu

    Hheso mbanuada bale…

  19. yamoeli said

    shalom!!!!!!!!!!!!!!!! bagi pemuda/pemudi khususnya di pulau nias saya setuju dengan pendapat anda bahwa nias semakin maju dan sejaterah……………………??

  20. Puput Ranies zega said

    saya yakin Nias pasti akan maju,karna diseluruh nias sudah digalakkan pendidikan.Remaja nias sdh mulai mengutamakan pendidikan,tolong seluruh para pejabat di jajaran nias,tolong di utamakan putra & putri nias dlm penerimaan pekerja/atau pegawai.trimakasih ya’ahowu!

  21. “propolis”

    saya ucapkan ya.ahowu .
    mohon ada respon oleh saudara/i saya diman pun berada karna dinias daerah hujan tropis sepanjang tahun utk itu saya mengajak saudara dlm mengetahui obat yg sangat manjur mengatasi sgala jenis penyakit
    hub;0812 7145 2971
    WEB:WWW.MELIATURE.COM

  22. adam said

    let’s together to promote the island nias nias in the eyes of the world so well known throughout the world and has abundant tourist

  23. Yaahowu

    Kepada Yth. Redaktur Weblog Suara Nias Baru
    Bapak Marinus Waruwu

    Syallom…
    Kami dari Badan Pekerja Majelis Jemaat (BPMJ) BNKP Jemaat Persiapan Bandung Timur menyampaikan Apresiasi yang besar atas adanya Weblog Suara Nias Baru, kiranya semakin maju dan berkembang.

    Dalam upaya pengembangan pelayananan Gereja BNKP Jemaat Persiapan Bandung Timur telah membuka Weblog Gereja dengan alamat, http://bnkpbandungtimur.blogspot.com.
    Bersama ini kami menyampaikan usul dan permohonan kiranya Weblog kami dapat ditambahkan dalam LINK Weblog Nias Baru dengan alamat URL di atas dan diberi nama BNKP BANDUNG TIMUR.

    Harapan kami kiranya dapat menjadi berkat bagi siapapun yang membacanya dan membuka komunikasi serta silaturahmi on net dengan semua Gereja BNKP bahkan gereja Tuhan lainnya.

    Demikian usul dan permohonan kami. Kiranya kami mendapat kabar baik dari Bapak.
    Terima kasih. Sukses.

    Ya’ahowu

    Ir. Sadoki Waruwu (Ketua BPMJ BNKP Jemaat Persiapan Bandung Timur)
    Eben Ezer T. Lase (Ketua Biro LITBANG, BPMJ BNKP Jemaat Persiapan Bandung Timur)
    dan Segenap Anggota BPMJ BNKP Jemaat Persiapan Bandung Timur.

  24. edison halawa said

    “pelayanan dalam berbagai aspek dan dengan seluruh totalitas hidup yang di sertai dengan cinta dan kasih di daerah pulau nias akan menjadi lebih baik”
    carilah orang atau pemimpin yang memiliki hati sebagai hamba dan mau berkoban bagi daerah pulau nias

  25. OLDA HAREFA said

    ada berbagai tempat rekreasi di pulau nias sekarang. maka dari itu, maka kita harus menjaga dan
    melestarikan tempat rekreasi kita sendiri.
    kalau kita yang menjaganya,
    ciapa lagi?
    ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha………………………………………………….???????????????????????????????????????????>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

  26. Paostinus Lombu said

    Ya’ahowu…fefu
    mbanuada

    Akhir-akhir ini, banyak berita tentang :

    “Kabupaten Nias Barat terncam akan di kembalikan ke Kabupaten induk”
    sebagai putra daerah Nias barat, saya merasa cemas dengan berita dimaksud, karena belum jelas penyebabnya.
    Usul : Jika ada teman – teman, yang mengetahui penyebab kegagalan Nias Barat mohon info…

    Ya’ahowo
    dari

    Paostinus Lombu

  27. Odwin Oscar said

    bahasa nias ganti aja pake bahasa spanyol,biar bisa diterjemahkan oleh google.makasi….
    ya’ahowu.okeh???

  28. elifati lase said

    Terimakasih Pak Waruwu atas kesediaan Bapak untuk membuka Wacana dan memfasilitasi Aspirasi Masyarakat Nias yang sifatnya membangun Tanoniha, disini saya tidak banyak berkomentar tetapi klu bisa saya usulkan :
    01. Dicari salah seorang Pemuda/I yg berkedudukan di Nias yg bisa kita jadikan sebagai nara sumber utk kita ketahui perkembangan Nias dan kinerja para Pemimpin dan Aparatur Daerah sebab apapun yg mau kita lakukan klu tak ada dukungan apalagi klu tak ada kepedulian dari semua pihak susah utk tergapai.
    02. Kalau hemat saya utk mempercepat laju Perkembangan Danoniha, Nias harus membuka diri utk menerima/mendatangkan Para INVESTOR LUAR membuat usaha utk menggali segala potensi yg ada dan melakukan bisnis yg dlm hal ini sangat kita harapkan peran Pemerintah setempat, saohagolo Ya’ahowu. Moroi kho ” ELIFATI LASE ( A.CHAREL) Ketua I Ikatan Keluarga Nifaeri Dumai ( KALFARI) “

  29. Juliandis Waruwu said

    Selamat memperjuangkan Tanah kelahiran kita yang kita cintai ini.

    ada hal yang selalu bergejolak dalam pikiran ini antara lain:

    Kapan kah pulau nias memiliki industri yang dapat menampung begitu banyak pengangguran?

    apakah kita bisa menghilangkan iri hati dalam kemajuan da’erah.ntuh ribut rbut di pemerintahan selalu di bahas ke kuasaan untuk alih alih memperkaya diri.atau jabatan yang pada akhir nya membanggakan diri.

    mari kita hilangkan itu mari kita meraih kemajuan seperti kota kota lain nya.

    saran untuk para bapak-bapak kita yang lagi duduk di pemerintahan Buka wadah peker jaan selebar lebar nya,berikan kesempatan untuk para pemodal dari luar untuk membuka Perusahaan karna begitu banyak pengangguran.Untuk apa mekar mekar hanya untuk memperbanyak Kursi pemerin tahan tapi kemajuan tidak sesuai.

    Industri PARIWISATA KURANG PROMOSI apa salah nya dari Pemerintahan mencanagkan anggaran utuk iklan di televisi Nasional yang ter kemuka.sehingga pariwisata di nias bisa maju dan membawa imbal balik yang positif bagi masyarakat kita sendiri.

    Permudah anak daerah yang memulai usaha dengan mengurangi birokrasi perijinan yang berbelit belit.

  30. Hy kawan , saya juga orang nias, Bagaimana jika ita tukar link?

  31. Arnius Gea said

    Salam kenal,Pak Marinus waruwu.sebaiknya kita suku nias ini harus lebih ditingkat kebudayaan karna baru-baru sudah mulai berkurang,apalagi yang sudah berada ditanah rantau sudah melupakan kebudayaan,melupakan marga dengan cara mengganti marganya dan melupakan bahasanya dengan cara malu mengucapkan bahasanya kepada sama-sama sukunya nias.Sudag mulai sebagian suku kita diperantauan lupa asal mulanya,jadi sikap kita bagi orang seperti itu.Jadi kita mohon kepada pemerintah dan Raja-Raja Adat Nias supaya jangan disembunyikan buku-buku stambok bagaimana cara supaya dicetak yang baru dan diperbanyak dengan tujuan agar generasi baru bisa mengetahui dan memahami riwayat asal mula Nias,cara adat Nias,kebudayaan dan tradisional Nias apalagi yang telah berada diperantauan.Selanjutnya pemerintah daerah dan dewan harus prihatin membangun/menata peninggalan tertua nias seperti:patung-patung,barang-barang kuno,rumah adat dan desa letaknya asal mula nias,desa asal mulanya marga dan jenasah-jenazah para asal mula nias ini bisa dengan tujuan ini,generasi baru bisa mengetahui dan mengerti dan tak akan terlupakan apalagi anak-anak diperantauan. Sekian pendapat dari saya.

  32. Hey! I understand this is sort of off-topic however I had to ask.
    Does running a well-established blog such as yours
    require a large amount of work? I am brand new to writing a blog
    however I do write in my journal every day. I’d like to start a blog so I can share my personal experience and thoughts online. Please let me know if you have any suggestions or tips for new aspiring bloggers. Appreciate it!

  33. mari kita bawah pulau nias lbh maju lagi di hari2 yg akan dtg ya’ahowu daneniha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: