NIAS BARU

Nias Bangkit, Nias Berjuang, Nias Bertindak, Nias Sejahtera!

  • March 2011
    M T W T F S S
    « Feb   Apr »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    28293031  
  • Ya’ahowu Banuada

    Salam dari saya, Marinus Waruwu. Weblog "Nias Baru: Ya`ahowu Tano Niha" ini kita jadikan wahana bertukar pikir serta mengerti lebih dalam "berita aktualita Nias". Partisipasi masyarakat Nias sangat diharapkan. Ya'ahowu. Nias berjuang, Nias Nias bertindak, Nias Sejahtera, Nias maju. Semoga!
  • Pages

  • Marinus W. : Abad-21, Kematian Modernitas dan Kebangkitan Agama-agama

    Abad-21 identik dengan bangkitnya agama-agama. Kebangkitan Agama-agama bukan dikarenakan modernitas tidak mampu lagi menjawab segala tuntutan hidup manusia. tapi karena modernitas tidak menyentuh inner/hati manusia yang bersifat rohani yang merupakan inti dari kemanusiaan itu sendiri. artinya modernitas hanya terbatas pada materi, kenikamatan hidup, sementara bagian dalam manusia tidak tersentuh sehingga manusia mengalami kekosongan rohani. akibatnya, hidup manusia selalu identik dengan kegelisahan, kekacauan, dan rasa ketidakbermaknaan hidup. mungkin saja karena modernitas hanya bergulat dengan sisi luarnya saja. artinya yang fisikal semata. sedangkan inti dalamnya terabaikan. akibatnya, Agama adalah pelabuhan terakhir hidup manusia. sebab sisi dalam hidup manusia, hanya agama yang bisa memasukinya. sayang, kebangkitan agama-agama bagai pisau bermata dua. di satu sisi, agama dapat mengkonstruksi kembali hidup manusia yang sudah hancur karena kegelisahan. di sisi lain, agama justru menjadi sebab terjadinya krisis sosial akhir-akhir ini. triumfalisme atau rasa benar sendiri agama-agama tertentu mengakibatkan munculnya fundamentalime yang berujung pada kekerasan, penganiayaan, kefanatikkan, rasa saling curiga dan saling tidak percaya antar komunitas sosial. dan ujungnya juga adalah kekerasan terhadap kemanusiaan. lalu setelah modernitas dan agama ternyata sama-sama penyebab krisis dalam hidup manusia, kemanakah nantinya manusia berlabuh. adakah paham selain itu, apakah ateis.
  • Nias bangkit, Nias berjuang, Nias sejahtera, Nias sejahtera!

    Bukanlah slogan kosong untuk masyarakat nias. Tapi slogan nias bangkit, berjuang, bertindak, sejahtera adalah slogan yang punya makna. makna apa? makna kebangkitan masyarakat nias dari ketertinggalan dan keterpurukannya terutama dalam bidang pendidikan, ekonomi, dan segala bidang lainnya. Caranya adalah melalui modernisasi pendidikan. Pendidikan adalah salah satu cara terbaik untuk membawa nias ke arah kemajuan. Bila masyarakat punya pola pikir maju dan punya visi dan misi ke depan bukan tidak mungkin masyarakat kita nias dalam 10 tahun ke depan akan sejajar dengan daerah-daerah lain yang telah mencicipi kemajuan.
  • Asking Pardon and Forgiving Offenses:

    You should either avoid quarrels altogether or else put an end to them as quickly as possible; otherwise, anger may grow into hatred, making a plant out of a splinter, and turn the soul into a murderer. For so you read: “ Everyone who hates his brother is a murderer “ (I Yoh 3:15) Whoever has injured another by open insult, or by abusive or oven incriminating language, must remember to repair the injury as quickly as possible by an apology, and he who suffered the injury must also forgive, without further wrangling. But if they have offended one another, they must forgive one another`s trespasses for the sake of your prayers which should be recited with greater sincerity each time you repeat them. Although a brother is often tempted to anger, yet prompt to ask pardon from one he admits to having offended, such a one is better than another who, though less given to anger, finds it too hard to ask forgiveness. But a brother who is never willing to ask pardon, or does not do so from his heart, has no reason to be in the community, even if he is not expelled. You must then avoid being too harsh in your words, and should they escape your lips, let those same lips not be ashamed to heal the wounds they have caused. Thank You!
  • Tulisan Teratas

  • Meta

WAKIL BUPATI NIAS BARAT: “PANGGILAN HATI UNTUK BERBAKTI LAGI”

Posted by niasbaru on March 28, 2011

Marinus Waruwu

Pada hari Sabtu, 26 Maret 2011, Redaktur Nias Baru Marinus Waruwu melakukan wawancara dengan Wakil Bupati terpilih Nias Barat Bapak Hermit Hia. Diharapkan bahwa hasil wawancara tersebut membuat masyarakat Nias Barat, semakin mengenal sosok Wakil Bupati Nias Barat beserta dengan program kerjanya bersama dengan Bapak Bupati Nias Barat untuk lima tahun ke depan.

1. Bapak Sudah menjadi Wakil Bupati Terpilih sekarang?

Syukur kepada Allah sudah terpilih menjadi Wakil Bupati. No folau lowalangi da`a fefu.

2.    Saya sering membaca artikel tentang sosok Bapak di berbagai situs/website tentang Nias. Bapak ternyata bukan orang baru dalam dunia politik. Bapak pernah menjabat sebagai Camat di beberapa kecamatan di Nias. Lalu mengapa Bapak terpanggil untuk mengabdi Nias Barat?

Saya terpanggil karena panggilan Hati untuk berbakti lagi. Sepanjang hayat dikandung badan. Semasa kita masih bisa berbuat, kita melayani masyarakat. Kebetulan saya lulusan APDN akademik pemerintahan dalam negeri. Lalu pasanganku Bapak A. A GULO pernah bekerja bersama. Bapak A. A Gulo pimpinan saya, dan saya adalah bawahannya. Saya tahu dia orang yang baik hati, dan jujur. Makanya, kami maju bersama untuk sama-sama membangun Nias Barat ke depan.

Syukur bahwa kita diberi waktu dan ruang. Kita akan mendukung Pak Bupati untuk melaksanakan kebijakan PEMDA Nias Barat ke depan. Kita bantu Bapak Bupati memberikan saran-saran.

3. Apa program jangka pendek Bapak Wakil Bupati bersama dengan Bapak Bupati beberapa bulan ke depan?

Menurut petunjuk Pak Bupati terpilih kepada saya, bahwa setelah pelantikan, kita akan merampungkan program 100 hari. Artinya kita akan bahas program mana yang mampu dilakukan oleh teman-teman dan mana yang bisa diserap oleh masyarakat. Kita akan diskusikan mana yang kita mampu lakukan. Karena itu, kita tidak bisa karang-karang terlebih dahulu. Program 100 hari kita akan orientasikan pada visi dan misi yang sudah ada. Dan program tersebut kita kemukakan pada masyarakat.

4. Apa program jangka panjangnya?

Kita akan mewujudkan masyarakat yang sejahtera, beriman, berbudaya, dan pemerintahan yang baik dan bersih. Tentu jangka menengahnya fokus pada program 100 hari. Kita akan buat nanti rencana jangka menengahnya.

5. Tak disangkal lagi bahwa daerah Nias Barat salah satu daerah tertinggal dalam bidang pendidikan. Hal ini sangat mendesak untuk ditangani atau diatasi oleh pemerintahan daerah untuk periode lima tahun ke depan. Apa yang akan dilakukan oleh pemerintahan daerah Nias Barat untuk memecahkan masalah tersebut?

Kalau kita berbicara pendidikan pertama-tama kita akan kembali pada bagaimana upaya meningkatkan kualitas. Tapi kita tidak bisa berangan-angan seperti membalikan telapak tangan. Mengapa? Karena kompleksnya permasalahan yang kita hadapi di Nias Barat. Nanti kita identifikasikan permasalahannya, lalu kita diskusikan bersama apa yang menjadi solusinya. Kita lihat pokok masalah yang sangat mendesak untuk diselesaikan, kita lihat fakta di lapangan. Lalu kita diskusikan apa yang menjadi solusinya.

6.    Untuk meningkatkan keterampilan dan kesejahteraan masyarakat, beberapa PEMDA mengirim putera-puteri terbaik daerah untuk dikuliahkan di beberapa Perguruan Tinggi, dengan harapan bahwa setelah mereka selesai, mereka bisa melakukan sesuatu untuk daerah asalnya. Apakah PEMDA Nias Barat ke depan punya program yang sama dengan daerah lain?

Sumber Daya Manusia kita masih kurang (SDM). Maka, kita perlu meningkatkan sumber daya manusia ini. Sekarang kalau kita mau memperbaiki sumber daya manusia di Nias Barat, Pertama: kita usahakan bagamana para petani kita bisa makan. Kedua, bagaimana anak-anak yang memang pintar bisa melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Lalu kita kerja sama dengan beberapa pihak, misalnya Perguruan Tinggi, dan mencari orang tua asuh untuk mereka. Bapak Waruwu juga bisa ikut membantu mencari informasi para dermawan yang memang bisa membantu anak-anak tersebut nantinya.

7. Bapak Bersama dengan Bapak Bupati punya rencana untuk mendirikan Universitas atau perguruan tinggi di Nias Barat?

Boleh-boleh saja kita punya rencana membangun Universitas untuk jangka panjang ke depan. Namun yang perlu kita dukung adalah bagaimana IKIP dan STIE Gunung Sitoli bisa berkembang terlebih dahulu. Jangan sampai kita membangun perguruan tinggi di Nias Barat, sementara di Gunung Sitoli saja tidak berkembang. Makanya perlu pengkajian secara menyeluruh dan tidak terkesan terburu.

Yaahowu.

6 Responses to “WAKIL BUPATI NIAS BARAT: “PANGGILAN HATI UNTUK BERBAKTI LAGI””

  1. BUALA. S LOMBU said

    yth.bpk WABUP NISBAR.

    saya sgt mendukung program bpk dinias barat sebagai perwujudan visi d misi 5thun kedepan yaitu program jangka pendek/panjang namun disisi lain apakah bpk memperhatikan berapa banyak sumber daya alam yg ada d nias barat yg bisa menapung pengangguran yg signifikan slalu bertambah setiap tahun ??. saya sebagai putra daerah nias barat pergi merantau dsebabkan faktor lowongan pekerjaan tdk ada sekaligus minim nya kekuatan ortu utk menyekolahkan kejenjang yg lebih tinggi, padahal putra nias rata-rata punya talenta dlm pendidikan.
    jadi yg paling saya harapkan kpd bpk WABUP. nias barat memerlukan lapangan pekerjaan yg bisa didatangkan baik dari SDA yg ad maupun layanan JASA sperti daerah PARIWISATA BAHARI dan TEMPAT TEMPAT PENINGGALAN BERSEJARAH saya yakin kedepan akan mengurangi pengangguran secara perlahan dtambah lagi area sepanjang daratan sirombu dan sekitar nya bisa digarap berbagai lahan potensi pengolahan kilang minyak kelapa serta pabrik karet setengah jadi, dan diperkirakan menapung ribuan tenaga kerja!!

    saya yakin apapun program bpk bersama kita mendukungnya.

    YA.AHOWU

    ~~@@@~~
    B.LOMBU

  2. Marvel s. said

    Kami masyarakat Nias Barat perantauan mengucapkan selamat atas terpilihnya Bupati dan wakil Bupati Nias Barat.

    Tanggung jawa kita untuk bersatu membangun nias barat. Hilangkan perbedaan dan gelorakan persatuan demi nias yang maju dan makmur.

  3. Xio Liu Mix said

    Ya`ahowu

    Welcome to Success for Wakil Bupati and Bupati Nias Barat.

    I hope that the western Nias developing in various spheres of life. I agree Mr Marinus Waruwu proposal for the next administration take into the field of education.

    Saudara Buala: bagusnya kita memberikan kesempatan terlebih dahulu kepada Pemimpin Nias Barat yg dpilih langsung oleh rakyat untuk bekerja. Bapak Bupati dan Wakil Bupati merupakan orang yang pantas dan luar biasa memimpin Nias Barat untuk saat ini.

    Yaahowu
    Mexico

  4. Marinus W. said

    Salam Sejahtera!

    To: Buala S. Lombu

    Saya kira PemDa kita sudah mengetahui potensi yang dimiliki oleh Nias Barat baik dalam bidang Sumber daya alam, Sumber daya manusia, maupun pengembangan objek wisata, dll. Yakinlah potensi2 tersebut tidak akan disia-siakan oleh PemDa. Saya setuju jika PemDa yang terpilih adalah Yang Terbaik (The Best). Makanya akan lebih baik kalau kita mendukung 100% program2 PemDa yang sudah terbentuk saat Ini. Kita beri spirit, dan masukkan Yang positif dlm bentuk ide-ide konstruktif/membangun, sehingga dengan sendirinya juga kita mengajarkan masyarakat bagaimana mengeluarkan ide-ide brilian, penuh nilai, dan bermanfaat untuk kemajuan bersama.

    To: Xio Liu Mix
    Thank you for the support of western Governments elected Nias. We pray that our leaders are always given the health of the Lord Jesus, and they keep The Spirit in carrying out the mandate of western society Nias.

    Ya`ahowu
    Marinus W., Redaktur
    Bandung, West Java.

  5. PutraGaekhula said

    Kepada Bapak Bupati/Wabub,Jabatan adalah amanah, ingat visi dan misi yang pernah Bapak Ucapkan .Jangalah dalam menjalankan roda Pemerintahan terjadi tarik menarik anatara pasangan Bupati Wabub, telah ada aturanya. Job Discrption Bupati dan Wakil Bupati . Pengalaman di Daerah lain Pasangan Bupati/Wakil Bupati,Walikota/Wakil Walikota bahkan Gubernur dan wakil gubernur,tidak finis masa jabatan terjadi masa Mis comunication antara keduanya.Biasanya Bupati/Walikota merasa lebih berkuasa dan para wakilnya disingkirkan. Bagaimana dengan Bupati/Wakil Bupati Nisbar…? mau langgeng, lebih diutamakan Egoisme karena merasa lebih berkuasa antara keduanya….?Kita tunggu saja…!

  6. yusuf said

    Selamat bekerja dan berkarya, bagi anda rakyat yang telah memberikan mandaat , mohon dicatatkan:

    Pengaduan Dugaan Tindak Pidana Korupsi:
    Direktorat Pengaduan Masyarakat PO BOX 575 Jakarta 10120
    Telp: (021) 2557 8389
    Faks: (021) 5289 2454
    SMS: 08558 575 575, 0811 959 575
    Email: pengaduan@kpk.go.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: