NIAS BARU

Nias Bangkit, Nias Berjuang, Nias Bertindak, Nias Sejahtera!

  • November 2008
    M T W T F S S
    « Oct   Dec »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
  • Ya’ahowu Banuada

    Salam dari saya, Marinus Waruwu. Weblog "Nias Baru: Ya`ahowu Tano Niha" ini kita jadikan wahana bertukar pikir serta mengerti lebih dalam "berita aktualita Nias". Partisipasi masyarakat Nias sangat diharapkan. Ya'ahowu. Nias berjuang, Nias Nias bertindak, Nias Sejahtera, Nias maju. Semoga!
  • Pages

  • Marinus W. : Abad-21, Kematian Modernitas dan Kebangkitan Agama-agama

    Abad-21 identik dengan bangkitnya agama-agama. Kebangkitan Agama-agama bukan dikarenakan modernitas tidak mampu lagi menjawab segala tuntutan hidup manusia. tapi karena modernitas tidak menyentuh inner/hati manusia yang bersifat rohani yang merupakan inti dari kemanusiaan itu sendiri. artinya modernitas hanya terbatas pada materi, kenikamatan hidup, sementara bagian dalam manusia tidak tersentuh sehingga manusia mengalami kekosongan rohani. akibatnya, hidup manusia selalu identik dengan kegelisahan, kekacauan, dan rasa ketidakbermaknaan hidup. mungkin saja karena modernitas hanya bergulat dengan sisi luarnya saja. artinya yang fisikal semata. sedangkan inti dalamnya terabaikan. akibatnya, Agama adalah pelabuhan terakhir hidup manusia. sebab sisi dalam hidup manusia, hanya agama yang bisa memasukinya. sayang, kebangkitan agama-agama bagai pisau bermata dua. di satu sisi, agama dapat mengkonstruksi kembali hidup manusia yang sudah hancur karena kegelisahan. di sisi lain, agama justru menjadi sebab terjadinya krisis sosial akhir-akhir ini. triumfalisme atau rasa benar sendiri agama-agama tertentu mengakibatkan munculnya fundamentalime yang berujung pada kekerasan, penganiayaan, kefanatikkan, rasa saling curiga dan saling tidak percaya antar komunitas sosial. dan ujungnya juga adalah kekerasan terhadap kemanusiaan. lalu setelah modernitas dan agama ternyata sama-sama penyebab krisis dalam hidup manusia, kemanakah nantinya manusia berlabuh. adakah paham selain itu, apakah ateis.
  • Nias bangkit, Nias berjuang, Nias sejahtera, Nias sejahtera!

    Bukanlah slogan kosong untuk masyarakat nias. Tapi slogan nias bangkit, berjuang, bertindak, sejahtera adalah slogan yang punya makna. makna apa? makna kebangkitan masyarakat nias dari ketertinggalan dan keterpurukannya terutama dalam bidang pendidikan, ekonomi, dan segala bidang lainnya. Caranya adalah melalui modernisasi pendidikan. Pendidikan adalah salah satu cara terbaik untuk membawa nias ke arah kemajuan. Bila masyarakat punya pola pikir maju dan punya visi dan misi ke depan bukan tidak mungkin masyarakat kita nias dalam 10 tahun ke depan akan sejajar dengan daerah-daerah lain yang telah mencicipi kemajuan.
  • Asking Pardon and Forgiving Offenses:

    You should either avoid quarrels altogether or else put an end to them as quickly as possible; otherwise, anger may grow into hatred, making a plant out of a splinter, and turn the soul into a murderer. For so you read: “ Everyone who hates his brother is a murderer “ (I Yoh 3:15) Whoever has injured another by open insult, or by abusive or oven incriminating language, must remember to repair the injury as quickly as possible by an apology, and he who suffered the injury must also forgive, without further wrangling. But if they have offended one another, they must forgive one another`s trespasses for the sake of your prayers which should be recited with greater sincerity each time you repeat them. Although a brother is often tempted to anger, yet prompt to ask pardon from one he admits to having offended, such a one is better than another who, though less given to anger, finds it too hard to ask forgiveness. But a brother who is never willing to ask pardon, or does not do so from his heart, has no reason to be in the community, even if he is not expelled. You must then avoid being too harsh in your words, and should they escape your lips, let those same lips not be ashamed to heal the wounds they have caused. Thank You!
  • Tulisan Teratas

  • Meta

POSTINUS GULŐ, MOTIVATOR MAHASISWA/I NIAS

Posted by niasbaru on November 21, 2008

Menjadi seorang motivator, inspirator bagi orang lain bukanlah perkara mudah. Di berbagai Universitas dapat dihitung dengan jari berapa banyak mahasiswa-mahasiswi yang menjadi motivator, inspirator bagi mahasiswa/i atau orang lain.

Di jaman kini, di mana bidang ekonomi yang lebih diperhatikan, para mahasiswa/i lebih senang bercita-cita menjadi seorang pebisnis, pengusaha sukses kelak dengan perusahaan yang sukses pula ketimbang bercita-cita menjadi seorang motivator, inspirator yang memberi jalan, membangun harapan bagi orang lain.

Namun bagi saudara Postinus GulŐ, bercita-cita, bekerja menjadi seorang motivator, inspirator justru merupakan aktivitas, pekerjaan yang lumrah, mulia sebab kita memberi dan membangun hal-hal positif dalam diri orang lain. Bahkan memberi harapan kepada orang lain untuk mewujudkan cita-cita mulianya. Dengan itu, orang lain akan merasa optimis dalam menatap, mempersiapkan masa depan indahnya.

Postinus GulŐ merupakan anak ke-2 dari delapan bersaudara. Ia lahir di sebuah desa kecil nan indah di Pulau Nias, desa Ndangagari, kecamatan Mandrehe 25 tahun silam. Sejak kecil, Abang GulŐ, nama panggilannya terkenal dengan ketekunan, dan semangat belajar yang luar biasa. Teman-teman sekolahnya dulu juga mengakui jika Abang GulŐ sangat tekun belajar.

Berkat ketekunan belajar dan usaha untuk menyerap berbagai ilmu pengetahuan, sejak SD sampai SMU ia selalu tampil sebagai juara sejati di kelasnya. Karena itu pulalah pada tahun 2003, pimpinannya di Nias mengirimnya ke kota Kembang untuk mengembangkan pengetahuan yang telah dimilikinya yaitu mendalami ilmu Filsafat di Fakultas Filsafat Universitas Katolik Parahyangan, Bandung.

Kemahiran, kemampuan abang GulŐ untuk mengolah berbagai gagasan, ide-ide filsafat telah menjadikannya selalu yang terbaik diangkatannya (the best) dengan IP, dan IPK rata-rata 3,9.

Walaupun abang GulŐ punya kemampuan lebih dibandingkan teman-temannya, ternyata ia tidak besar kepala atau sombong dengan memamerkan, menunjukkan kebolehannya. Seperti ilmu padi makin berisi makin menunduk. Makin pintar makin rendah hati.

Menjadi seorang motivator, inspirator bagi orang lain memang identik dengan abang GulŐ. Mahasiswa-mahasiswi asal Nias mengakui bahwa ia memang mempunyai kemampuan untuk menyemangati orang lain.

Ketika teman-temannya ketimpa masalah seperti masalah studi, konflik, ia selalu hadir memberi dukungan, memotivasi agar tidak putus asa, putus harapan. Ia selalu mengingatkan agar orang bersangkutan tetap sabar, tetap berjuang, dan nasehat-nasehat bijak akan dengan sendirinya keluar, mengalir.

Biasanya setiap orang yang mengikuti apa yang dikatakan oleh abang GulŐ secara perlahan-lahan akan keluar dari masalah yang dihadapinya. Orang tersebut merasa lega kembali. Penulis sendiri mengalami hal yang sama dari beliau.

Jujur saja, kami mahasiswa/i asal Nias merasa bangga dan menginspirasi kami bahwa hidup itu bukan hanya untuk diri sendiri tetapi perlu juga untuk orang lain. Dalam hal intelektual, walaupun kita mempunyai kelebihan dibandingkan yang lain, kita perlu membagikannya untuk orang lain. Bukan untuk diri sendiri.

Bang GulŐ memang dianugerahi talenta-talenta yang luar biasa oleh Tuhan. Selain sebagai motivator bagi teman-temannya terutama para mahasiswa, ia juga mempunyai telenta untuk menulis essay-essay yang menggugah hati para pembaca. Ada banyak tulisannya di internet, atau majalah yang sudah dipublikasikan, misalnya tentang sistem perkawinan nias, budaya nias, essay-essay politik, tentu saja renungan-renungan rohani.

Selain itu, lelaki kelahiran Ndangagari, Mandrehe ini juga punya bakat main teater. Untuk mengasah kemampuannya dalam bidang teater, pada tahun 2006, ia bergabung dengan kelompok teater SANDAL JEPIT, yang dimotori oleh seniman Cornel MD. Di kelompok ini, bakatnya yang selama ini terpendam terasah kembali.

Pada tahun ajaran 2007/2008, abang GulŐ berhasil menyelesaikan sarjana filsafat dengan judul skripsinya: RELEVANSI PEMIKIRAN KARL RAIMUND POPPER TENTANG MASYARAKAT TERBUKA UNTUK KONTEKS MASYARAKAT INDONESIA. Ia pun berhasil menjadi lulusan terbaik di fakultas filsafat Universitas Katolik Parahyangan tahun ajaran 2007/2008.

Pertanyaan reflektif: Bagaimana dengan kaum muda Nias yang lain. Mampu nggak menyamai prestasi abang GulŐ? Semoga! 

 

 

8 Responses to “POSTINUS GULŐ, MOTIVATOR MAHASISWA/I NIAS”

  1. Otenieli Daeli said

    Mau tanya:
    1. Penulis artikel ini, siapa ya?
    2. Apakah penulisan nama desa kelahiran saudara Postinus G. memang seperti begitu: NDANGAGARI? (dengan “N” di depan).

    Makasih sebelumnya.
    Ya’ahowu

  2. Marinus W. said

    Salam Kasih Rama!

    Yang menulis artikel di atas Romo bukan Website lain, tapi Website NIAS BARU. Tujuannya tidak lain untuk mengangkat sisi-sisi positif yang ada dalam diri kaum muda Nias sehingga sisi-sisi positif tersebut dapat ditiru untuk kebaikan semua.

    Nias Baru menulis Ndangagari, Padahal Dangagari, seperti yang disebutkan Romo. Ini kesalahan teknis Romo

    Salam dari Bandung

  3. Otenieli Daeli said

    Ok, terima kasih penjelasannya.
    Saya hanya sedikit heran karena biasanya di artikel-artikel lain yang dipost-in di NIAS BARU tertera nama penulisnya. Walaupun saya bisa berandai-andai, tetapi lebih baik menjadi lebih jelas supaya bisa dirujuk kalau ada keperluan.

    Saya menanyakan penulisan “Ndangagari” karena saya tidak yakin dengan apa yang saya ketahui selama ini. Mungkin saja cara penulisan itu yang benar. Namun, kalau itu kesalahan teknis, ya sudah.

    Ya’ahowu n terima kasih salamnya.

    Saya setuju, berjuanglah seperti Postinus Gulo dalam kapasitas dan peran masing-masing.

  4. Marinus W. said

    Memang benar itu Ama…

    Apalagi bahasa kami yang di gunung kan beda dengan yang di dekat pantai.
    Biasanya orang gunung bahasa-nya agabe`e-be`e seperti Ndangagari. Padahal bahasa sebenarnya Dangagari, lembut.

    Terima kasih masukkannya!

  5. famatihia said

    blog ini bagus Marinus…..
    ajak teman-teman yang lain, terutama orang-orang nias.

  6. Blog yang sanga bagus dan menarik. Semoga bermanfaat bagi perkembangan Nias.

  7. wah…. terNyata ini sebuat momet yg sangat menarik n baik utk di jadikan contoh bwt ank2 nias yg sedang menjalani pendidikan… hehehe…. menjadi seorang motivaor memank bukan segampangnya saja tetapi butuh ketekunan dan kegigihan utk belajar n bekerja…
    yoooo ank2 nias… jadilah motivator2 yg terbaik utk pulau kita… buat kawan2 yg berada di luar pulau nias yooo …. pulau nias sedang menunggu Mu.. ya’ahowu…
    thks ya buat bg Postinus Gulo …

    by sabar dermawan lafau : fb : http://www.facebook.com/sabard.dhemshen

  8. I like that

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: