NIAS BARU

Nias Bangkit, Nias Berjuang, Nias Bertindak, Nias Sejahtera!

  • October 2008
    M T W T F S S
    « Sep   Nov »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031  
  • Ya’ahowu Banuada

    Salam dari saya, Marinus Waruwu. Weblog "Nias Baru: Ya`ahowu Tano Niha" ini kita jadikan wahana bertukar pikir serta mengerti lebih dalam "berita aktualita Nias". Partisipasi masyarakat Nias sangat diharapkan. Ya'ahowu. Nias berjuang, Nias Nias bertindak, Nias Sejahtera, Nias maju. Semoga!
  • Pages

  • Marinus W. : Abad-21, Kematian Modernitas dan Kebangkitan Agama-agama

    Abad-21 identik dengan bangkitnya agama-agama. Kebangkitan Agama-agama bukan dikarenakan modernitas tidak mampu lagi menjawab segala tuntutan hidup manusia. tapi karena modernitas tidak menyentuh inner/hati manusia yang bersifat rohani yang merupakan inti dari kemanusiaan itu sendiri. artinya modernitas hanya terbatas pada materi, kenikamatan hidup, sementara bagian dalam manusia tidak tersentuh sehingga manusia mengalami kekosongan rohani. akibatnya, hidup manusia selalu identik dengan kegelisahan, kekacauan, dan rasa ketidakbermaknaan hidup. mungkin saja karena modernitas hanya bergulat dengan sisi luarnya saja. artinya yang fisikal semata. sedangkan inti dalamnya terabaikan. akibatnya, Agama adalah pelabuhan terakhir hidup manusia. sebab sisi dalam hidup manusia, hanya agama yang bisa memasukinya. sayang, kebangkitan agama-agama bagai pisau bermata dua. di satu sisi, agama dapat mengkonstruksi kembali hidup manusia yang sudah hancur karena kegelisahan. di sisi lain, agama justru menjadi sebab terjadinya krisis sosial akhir-akhir ini. triumfalisme atau rasa benar sendiri agama-agama tertentu mengakibatkan munculnya fundamentalime yang berujung pada kekerasan, penganiayaan, kefanatikkan, rasa saling curiga dan saling tidak percaya antar komunitas sosial. dan ujungnya juga adalah kekerasan terhadap kemanusiaan. lalu setelah modernitas dan agama ternyata sama-sama penyebab krisis dalam hidup manusia, kemanakah nantinya manusia berlabuh. adakah paham selain itu, apakah ateis.
  • Nias bangkit, Nias berjuang, Nias sejahtera, Nias sejahtera!

    Bukanlah slogan kosong untuk masyarakat nias. Tapi slogan nias bangkit, berjuang, bertindak, sejahtera adalah slogan yang punya makna. makna apa? makna kebangkitan masyarakat nias dari ketertinggalan dan keterpurukannya terutama dalam bidang pendidikan, ekonomi, dan segala bidang lainnya. Caranya adalah melalui modernisasi pendidikan. Pendidikan adalah salah satu cara terbaik untuk membawa nias ke arah kemajuan. Bila masyarakat punya pola pikir maju dan punya visi dan misi ke depan bukan tidak mungkin masyarakat kita nias dalam 10 tahun ke depan akan sejajar dengan daerah-daerah lain yang telah mencicipi kemajuan.
  • Asking Pardon and Forgiving Offenses:

    You should either avoid quarrels altogether or else put an end to them as quickly as possible; otherwise, anger may grow into hatred, making a plant out of a splinter, and turn the soul into a murderer. For so you read: “ Everyone who hates his brother is a murderer “ (I Yoh 3:15) Whoever has injured another by open insult, or by abusive or oven incriminating language, must remember to repair the injury as quickly as possible by an apology, and he who suffered the injury must also forgive, without further wrangling. But if they have offended one another, they must forgive one another`s trespasses for the sake of your prayers which should be recited with greater sincerity each time you repeat them. Although a brother is often tempted to anger, yet prompt to ask pardon from one he admits to having offended, such a one is better than another who, though less given to anger, finds it too hard to ask forgiveness. But a brother who is never willing to ask pardon, or does not do so from his heart, has no reason to be in the community, even if he is not expelled. You must then avoid being too harsh in your words, and should they escape your lips, let those same lips not be ashamed to heal the wounds they have caused. Thank You!
  • Tulisan Teratas

  • Meta

DPR RI Mengesahkan 12 RUU Pembentukan Daerah Otonom Baru

Posted by niasbaru on October 31, 2008

*Termasuk 3 RUU untuk pembentukan: Kota Gunungsitoli, Kabupaten Nias Utara dan Kabupaten Nias Barat

Hari ini, Rabu 29/10, DPR RI mengesahkan 12 Rancangan Undang-undag (RUU) pembentukan daerah otonom yang baru dalam suatu rapat paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPR Agung Laksono. Melalui ke 12 RUU ini, akan dibentuk Kab. Nias Utara, Kab. Nias Barat, Kota Gunung Sitoli (Sumut), Kab. Pringsewu (Lampung), Kab. Tulang Bawang Barat (Lampung), Kab. Mesuji (Lampung), Kota Tengerang Selatan (Banten), Kab. Sabu Raijua (NTT), Kab. Kepulauan Morotai (Malut), Kab. Tambrauw (Papua Barat), Kab. Intan Jaya (Papua) dan Kab. Deiyai (Papua).

Ke 12 daerah otonom baru itu akan diresmikan dan penjabat kepala daerahnya dilantik selambat-lambatnya 6 bulan terhitung sejak tanggal pengesahan 29 Oktober 2008, sedangkan pelakasanaan pilkada di masing-masing daerah tersebut paling lambat dua tahun sejak penjabat kepala daerah dilantik. Demikian penjelasan Menteri Dalam Negeri Mardiyanto dalam kata sambutannya pada rapat paripurna itu.

Hingga kemarin petang (Selasa, 28/10) Panitia Kerja (Panja) Komisi II DPR dan pemerintah baru menyepakati 10 RUU untuk disahkan. Pembahasan RUU pembentukan Ka. Kep. Morotai dan Kab. Tambrauw merupakan hasil lanjutan pembahasan Panja Komisi II dan Pemerintah yang berlangsung hingga Rabu dinihari.

**
Sementara itu dalam percakapan dengan Situs Yaahowu, Drs. Martin Luther Daeli, M.Si (Ketua Team Fasilitasi Pemekaran Nias) menjelaskan bahwa di Jakarta tadi pagi berkumpul sekitar 400 orang masyarakat Nias di Gedung DPR mengikuti dari dekat rapat paripurna tersebut. Dari Nias hadir antara lain Bupati Nias Binahati Baeha, SH dan istri Ny. Lenny B. Baeha, Wakil Bupati Nias Temazaro Harefa, Ketua DPRD Nias Ingati Nazara dan sekitar 40 orang anggota DPRD Nias. Selain itu hadir anggota DPR RI asal Nias Arisman Zagõtõ, Idealisman Dachi, Yasonna H. Laoli, Ketua DPP PDI-Perjuangan Firman Jaya Daeli dan sejumlah tokoh dan masyarakat dari Nias Barat, Nias Utara dan Gunungsitoli.

Malam ini, tambah Daeli, masyarakat Nias akan mengadakan Kebaktian Syukur di Gedung Sekolah Tinggi Theologia (STT) Jakarta. (brk/*)

Sumber: niasonline.net

 

4 Responses to “DPR RI Mengesahkan 12 RUU Pembentukan Daerah Otonom Baru”

  1. Pemerhati Nias said

    Yaahowu Fefu

    Kami segenap masyarakat Nias yang berdomisili di West Java & sekitarnya mengucapkan selamat atas pemekaran pulau nias menjadi beberapa kabupaten baru: Nias Barat, Nias Utara, dan Kota Gunung Sitoli. Terutama kepada Para Putra terbaik Nias yang duduk di DPR-RI: Yassona Laoly, Firman Jaya Daely, Idealisman Dakhi, dkk, dan juga Tim Fasilitasi Pemekaran Nias, Pilar Nias Barat, serta Kanisbar. Usaha kalian ternyata tak sia-sia.

    Sekarng waktu tepat untuk melanjutkan pembangunan Pulau Nias!

    Yaahowu!

  2. Bravo NIAS BARAT!!!

    Semoga pembangunan dipercepat dan terus dikembangkan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di Nias Barat pada umumnya, dan di Kep.Hinako pada khususnya..

    Terimakasih Tuhan, berkatilah semua pihak yang terlibat khususnya Tim Fasilitasi yang dikomandoi oleh Bpk.Marthin Luther Daeli, ya’ahowu ami fefu …

  3. Eliver Jhony de Dexter said

    wadduh…….

  4. Balazi said

    Syaloom…banuada selamat Hari Natal dan Tahun baru kiranya pada tahun yang baru dan bulan yang baru kita semakin dewasa dalam segala hal terlebih lebih dalam iman.dan Tentunya kita sebagai orang Nias semakin maju tidak pasif atau harus ada komitmen untuk berubah dan mau menerima kermajuan dan tentunya hala ini dimulai dari personal atau keluraga baru ke masyarakat sekitar seperti iklan surya 16 nyng mengatakan perubahan itu perlu. tanpa perubahan jangan harap Nias akan maju. thanks n Tuhan Yesus memberkati kita semua! YA,AHOWU.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: