NIAS BARU

Nias Bangkit, Nias Berjuang, Nias Bertindak, Nias Sejahtera!

  • October 2008
    M T W T F S S
    « Sep   Nov »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031  
  • Ya’ahowu Banuada

    Salam dari saya, Marinus Waruwu. Weblog "Nias Baru: Ya`ahowu Tano Niha" ini kita jadikan wahana bertukar pikir serta mengerti lebih dalam "berita aktualita Nias". Partisipasi masyarakat Nias sangat diharapkan. Ya'ahowu. Nias berjuang, Nias Nias bertindak, Nias Sejahtera, Nias maju. Semoga!
  • Pages

  • Marinus W. : Abad-21, Kematian Modernitas dan Kebangkitan Agama-agama

    Abad-21 identik dengan bangkitnya agama-agama. Kebangkitan Agama-agama bukan dikarenakan modernitas tidak mampu lagi menjawab segala tuntutan hidup manusia. tapi karena modernitas tidak menyentuh inner/hati manusia yang bersifat rohani yang merupakan inti dari kemanusiaan itu sendiri. artinya modernitas hanya terbatas pada materi, kenikamatan hidup, sementara bagian dalam manusia tidak tersentuh sehingga manusia mengalami kekosongan rohani. akibatnya, hidup manusia selalu identik dengan kegelisahan, kekacauan, dan rasa ketidakbermaknaan hidup. mungkin saja karena modernitas hanya bergulat dengan sisi luarnya saja. artinya yang fisikal semata. sedangkan inti dalamnya terabaikan. akibatnya, Agama adalah pelabuhan terakhir hidup manusia. sebab sisi dalam hidup manusia, hanya agama yang bisa memasukinya. sayang, kebangkitan agama-agama bagai pisau bermata dua. di satu sisi, agama dapat mengkonstruksi kembali hidup manusia yang sudah hancur karena kegelisahan. di sisi lain, agama justru menjadi sebab terjadinya krisis sosial akhir-akhir ini. triumfalisme atau rasa benar sendiri agama-agama tertentu mengakibatkan munculnya fundamentalime yang berujung pada kekerasan, penganiayaan, kefanatikkan, rasa saling curiga dan saling tidak percaya antar komunitas sosial. dan ujungnya juga adalah kekerasan terhadap kemanusiaan. lalu setelah modernitas dan agama ternyata sama-sama penyebab krisis dalam hidup manusia, kemanakah nantinya manusia berlabuh. adakah paham selain itu, apakah ateis.
  • Nias bangkit, Nias berjuang, Nias sejahtera, Nias sejahtera!

    Bukanlah slogan kosong untuk masyarakat nias. Tapi slogan nias bangkit, berjuang, bertindak, sejahtera adalah slogan yang punya makna. makna apa? makna kebangkitan masyarakat nias dari ketertinggalan dan keterpurukannya terutama dalam bidang pendidikan, ekonomi, dan segala bidang lainnya. Caranya adalah melalui modernisasi pendidikan. Pendidikan adalah salah satu cara terbaik untuk membawa nias ke arah kemajuan. Bila masyarakat punya pola pikir maju dan punya visi dan misi ke depan bukan tidak mungkin masyarakat kita nias dalam 10 tahun ke depan akan sejajar dengan daerah-daerah lain yang telah mencicipi kemajuan.
  • Asking Pardon and Forgiving Offenses:

    You should either avoid quarrels altogether or else put an end to them as quickly as possible; otherwise, anger may grow into hatred, making a plant out of a splinter, and turn the soul into a murderer. For so you read: “ Everyone who hates his brother is a murderer “ (I Yoh 3:15) Whoever has injured another by open insult, or by abusive or oven incriminating language, must remember to repair the injury as quickly as possible by an apology, and he who suffered the injury must also forgive, without further wrangling. But if they have offended one another, they must forgive one another`s trespasses for the sake of your prayers which should be recited with greater sincerity each time you repeat them. Although a brother is often tempted to anger, yet prompt to ask pardon from one he admits to having offended, such a one is better than another who, though less given to anger, finds it too hard to ask forgiveness. But a brother who is never willing to ask pardon, or does not do so from his heart, has no reason to be in the community, even if he is not expelled. You must then avoid being too harsh in your words, and should they escape your lips, let those same lips not be ashamed to heal the wounds they have caused. Thank You!
  • Tulisan Teratas

  • Meta

DPRDSU Menilai Bupati Nias Telah Melanggar Undang-undang

Posted by niasbaru on October 21, 2008

Medan (SIB)

Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Sumut, Senin (13/10) mendatangi DPRD Sumut memprotes Bupati Nias Binahati B Baeha SH yang mempensiunkan 3 pengawas sekolah/guru di Nias dalam batas usia jabatan 56 tahun, karena kebijakan yang diambil Bupati itu dinilai melanggar UU No 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.

APSI Sumut melalui Ketuanya Gunawan Ginting, diterima ketua dan anggota Komisi E DPRD Sumut Rafriandi Nasution SE MT dan Drs Burhanudin Rajagukguk mengungkapkan, sikap protes para pengawas/guru di Nias yang dipensiunkan belum habis masa jabatannya 60 tahun sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Gunawan Ginting mengungkapkan, pihaknya sudah mengkonfirmasi dan menelusuri persoalan keluarnya SK pensiunan terhadap 3 guru ke Jakarta, ternyata tidak ada ketentuan menyebutkan pensiun guru/pengawas pada batas usia jabatan 56 tahun. Hal ini jelas hak-hak PNS sangat dirugikan.

Disebutkan, 3 pengawas/guru yang dipensiunkan belum waktunya masing-masing Lewi Gulo, Marlin Telaumbanua dan Bowoziduhu Laia atas pengusulan Bupati Nias dengan mengeluarkan SK pensiunan No 800/1287-KP/ 2007 tertanggal 2 Maret 2007. Padahal dalam UU PNS dan Sisdiknas tidak ada menyebutkan tenaga fungsional dipensiunkan pada usia 56 tahun, termasuk tenaga pengawas guru.

Menyikapi aspirasi itu, Ketua Komisi E Rafriandi Nasution dan Burhanuddin Rajagukguk menilai Bupati Nias telah mengambil kebijakan yang melanggar ketentuan dan perundang-undangan yang ada dan minta Bupati Nias mencabut SK pensiunan yang diusulkan ke BAKN, serta mengembalikan ketiga pengawas/guru tersebut ke jabatannya semula.

Rafriandi juga minta Bupati Nias tidak semena-mena terhadap guru maupun pengawas sekolah dan persoalan ini juga diminta menjadi perhatian bagi Bupati/Walikota se-Sumut untuk tidak mengeluarkan kebijakan semena-mena, karena masalah pensiunan terhadap PNS sudah diatur dalam UU.

Demikian halnya Burhanudin Rajagukguk menyesalkan tindakan Bupati Nias yang membuat kebijakan Negara di dalam Negara dan mengeluarkan SK Pensiun bagi guru yang belum batas usia jabatan 60 tahun sesuai UU merupakan kejadian yang pertama di Indonesia.

Karena itu, Rafriandi maupun Burhanudin Rajagukguk berjanji akan menindaklanjuti persoalan yang dialami 3 pengawas sekolah/guru di Nias tersebut dengan memanggil pihak-pihak terkait, diantaranya Disdiknas Sumut, BAKN di Sumut, Bupati Nias juga para pengawas sekolah yang menjadi korban. (M10/u)

 

 

6 Responses to “DPRDSU Menilai Bupati Nias Telah Melanggar Undang-undang”

  1. saya harap kapada bapak gubernur , presiden, dan mentri dalam negeri MARDIYANTO UNTUK segera mencopot dari jabatan bupati Binahati B. Baeha, SH. karena beliau sangat mengutamakan keluarga dan marganya masuk pegawai negeri dan menempatkan pada posisi yang memegang jabatan tinggi.
    hal ini membuat warga nias yang di luar marga baeha tertindas dan kehilangan kesempatan berkarir meskipun dari segi intelektual dan agama lebih unggul dari marga baeha.
    akibatnya Nias tidak maju-maju, karena pejabat birokrasi tidak profesional dan megutamakan diri sendiri.

  2. Gulo said

    HAI ORANG NIAS. JANGAN PERNAH BODOH MENGHADAPI ORANG YANG KELUAR DARI JALAN YANG BENAR TETAPI BIJAKLAH SEPERTI YANG ANDA KEHENDAKI.

    BILA TIDAK MEMILIKI HIKMAT MINTALAH KEPADA TUHAN MAKA AKAN DIBERIKAN KEPADAMU SIAPAPUN JUGA ENGKAU.
    KEADILAN ADA DITANGAN KITA SEBAGAI ORANG YANG PERCAYA KEPADA YESUS DAN USAHAKANLAH JANGAN PERNAJ MENJUNJUNG AKAN KETIDAK KEBENARAN.
    INGAT:
    AKU ADA MAKA AKU BERPIKIR. DEMIKIAN JG DENGAN ANDA. YAAHOWU DANO NIHA. TUHAN YESUS MEMBERKATI.

  3. ferinus zai said

    Bupati bukanlah penguasa tunggal akan tetapi bupati itu memiliki wewenang namun
    bukan semena mena pula, siapa anda ( Bupati ) , bekerjalah dengan idealisme yg positif jgn
    men-Discriminalisasi kan seseorg hanya karna tujuan pribadi/golongan semata.

    god bless us….

  4. By jambi said

    Selamat buat bupati nias! B1 EH. . . . Maav B3. Ats jd t’sgka KORUPSI DANA BENCANA ALAM DI DAERAH SNDIRI ! Ini hukuman dri TUHAN! Jgn RAKUS! Smoga scepat.a om B1. . Eh. . . .B3 mginap d hotel PRODEO! Enak loh!

  5. aril peterpan said

    haha pasti calon bupati lain kebakaran jenggot, lagi deg deg an habis yang dua calon itu pasti nikmati juga dong, tunggu tanggal mainnya segera bertobatlah

  6. Lase said

    haha…
    Kena juga rupanya.
    Lebih baik hidup lah dgn apa yg telah d’anugrahkn jgn melibihi, karna itu bisa membuat anda jatuh kejurang spt saad ini.
    Bertobat lah Bapak B3..Gb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: