NIAS BARU

Nias Bangkit, Nias Berjuang, Nias Bertindak, Nias Sejahtera!

  • January 2008
    M T W T F S S
    « Dec   Feb »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    28293031  
  • Ya’ahowu Banuada

    Salam dari saya, Marinus Waruwu. Weblog "Nias Baru: Ya`ahowu Tano Niha" ini kita jadikan wahana bertukar pikir serta mengerti lebih dalam "berita aktualita Nias". Partisipasi masyarakat Nias sangat diharapkan. Ya'ahowu. Nias berjuang, Nias Nias bertindak, Nias Sejahtera, Nias maju. Semoga!
  • Pages

  • Marinus W. : Abad-21, Kematian Modernitas dan Kebangkitan Agama-agama

    Abad-21 identik dengan bangkitnya agama-agama. Kebangkitan Agama-agama bukan dikarenakan modernitas tidak mampu lagi menjawab segala tuntutan hidup manusia. tapi karena modernitas tidak menyentuh inner/hati manusia yang bersifat rohani yang merupakan inti dari kemanusiaan itu sendiri. artinya modernitas hanya terbatas pada materi, kenikamatan hidup, sementara bagian dalam manusia tidak tersentuh sehingga manusia mengalami kekosongan rohani. akibatnya, hidup manusia selalu identik dengan kegelisahan, kekacauan, dan rasa ketidakbermaknaan hidup. mungkin saja karena modernitas hanya bergulat dengan sisi luarnya saja. artinya yang fisikal semata. sedangkan inti dalamnya terabaikan. akibatnya, Agama adalah pelabuhan terakhir hidup manusia. sebab sisi dalam hidup manusia, hanya agama yang bisa memasukinya. sayang, kebangkitan agama-agama bagai pisau bermata dua. di satu sisi, agama dapat mengkonstruksi kembali hidup manusia yang sudah hancur karena kegelisahan. di sisi lain, agama justru menjadi sebab terjadinya krisis sosial akhir-akhir ini. triumfalisme atau rasa benar sendiri agama-agama tertentu mengakibatkan munculnya fundamentalime yang berujung pada kekerasan, penganiayaan, kefanatikkan, rasa saling curiga dan saling tidak percaya antar komunitas sosial. dan ujungnya juga adalah kekerasan terhadap kemanusiaan. lalu setelah modernitas dan agama ternyata sama-sama penyebab krisis dalam hidup manusia, kemanakah nantinya manusia berlabuh. adakah paham selain itu, apakah ateis.
  • Nias bangkit, Nias berjuang, Nias sejahtera, Nias sejahtera!

    Bukanlah slogan kosong untuk masyarakat nias. Tapi slogan nias bangkit, berjuang, bertindak, sejahtera adalah slogan yang punya makna. makna apa? makna kebangkitan masyarakat nias dari ketertinggalan dan keterpurukannya terutama dalam bidang pendidikan, ekonomi, dan segala bidang lainnya. Caranya adalah melalui modernisasi pendidikan. Pendidikan adalah salah satu cara terbaik untuk membawa nias ke arah kemajuan. Bila masyarakat punya pola pikir maju dan punya visi dan misi ke depan bukan tidak mungkin masyarakat kita nias dalam 10 tahun ke depan akan sejajar dengan daerah-daerah lain yang telah mencicipi kemajuan.
  • Asking Pardon and Forgiving Offenses:

    You should either avoid quarrels altogether or else put an end to them as quickly as possible; otherwise, anger may grow into hatred, making a plant out of a splinter, and turn the soul into a murderer. For so you read: “ Everyone who hates his brother is a murderer “ (I Yoh 3:15) Whoever has injured another by open insult, or by abusive or oven incriminating language, must remember to repair the injury as quickly as possible by an apology, and he who suffered the injury must also forgive, without further wrangling. But if they have offended one another, they must forgive one another`s trespasses for the sake of your prayers which should be recited with greater sincerity each time you repeat them. Although a brother is often tempted to anger, yet prompt to ask pardon from one he admits to having offended, such a one is better than another who, though less given to anger, finds it too hard to ask forgiveness. But a brother who is never willing to ask pardon, or does not do so from his heart, has no reason to be in the community, even if he is not expelled. You must then avoid being too harsh in your words, and should they escape your lips, let those same lips not be ashamed to heal the wounds they have caused. Thank You!
  • Tulisan Teratas

  • Meta

Camat Dilaporkan Ke Bupati Dan Kejari Nias

Posted by niasbaru on January 10, 2008

Gunungsitoli, WASPADA Online
Diduga melakukan pungutan liar, oknum camat dilaporkan kepada Bupati Nias dan Kejaksaan Negeri Gunungsitoli. 
Sedikitnya tujuh kepala desa dan puluhan tokoh masyarakat Kecamatan Sawo Kabupaten Nias di antaranya, Kepala Desa Lasara Sawo, Fatiaro Telaumbanua, Kades Hiliduruwa, Sanotona Telaumbanua, Kades Onozitoli Sawo, Faulugo Telaumbanua, Kades Sisarahili, Manueli Telaumbanua, Kades Teluk Bengkuang, Khatab Zebua, Kades Seri Wau, Ahd. Nazar Telaumbanua, dan Kades Sifahandro, Abd. Aziz Wau serta puluhan tokoh masyarakat menyampaikan pengaduan sekaligus pernyataan sikap kepada Bupati Nias melalui surat tertulisnya pada tanggal 1 Desember 2007 tentang penyalahgunaan wewenang jabatan oleh oknum Camat Sawo, TZ, SAP yang ditembuskan kepada Ketua DPRD Nias, Inspektorat Kabupaten Nias, dan Kabag Pemdes Kabupaten Nias.
Dalam suratnya, sejumlah tindakan oknum Camat sawo, TZ,SAP, yang menurut para kepala desa dan sejumlah tokoh masyarakat tidak mencermikan sebagai sikap seorang abdi negara diantaranya, pungutan / penggelapan honor para sekretaris desa dan kepala dusun secara bervariasi antara Rp200.000, sampai Rp250.000, per orang. 
Sementara itu, menurut para kepala desa dan tokoh masyarakat, oknum Camat Sawo, TZ,SAP juga melakukan pembongkaran balai pekan sawo tanpa melibatkan masyarakat, dan setelah dilakukan pembongkaran, bahan dan alat material tidak diketahui keberadaannya, pada proses penjaringan dan pengusulan anggota PPK Pilgubsu 2008 tidak melalui mekanisme yang semestinya.
Selain itu, oknum Camat Sawo diduga tidak mendukung kegiatan pembangunan oleh NGO dan kontraktor yang hendak melakukan kegiatan pembangunan, misalnya kegiatan Coremap II di wilayah Kecamatan Sawo.
Dalam kepemimpinannya, oknum Camat TZ,SAP dinilai tidak dapat dijadikan teladan. Pada akhir surat pengaduan tersebut, para kepala desa dan tokoh masyarakat meminta Bupati Nias untuk segera memberhentikan oknum TZ,SAP sebagai Camat Sawo dengan pejabat yang dapat mendukung kinerja Pemerintah Kabupaten Nias mewujudkan Nias Baru yang maju, beriman, dan sejahtera serta lebih aspiratif dan akomodatif terhadap kepentingan masyarakat Kecamatan Sawo.
Sementara itu, Badan Pengurus Cabang LSM LP-Kran Kecamatan Sawo menyampaikan pengaduan pemotongan honor para kepala dusun penerimaan honor Januari s/d Juli 2007 di Kecamatan Sawo yang diduga dilakukan oleh oknum Camat Sawo TZ,SAP dan oknum bendahara kantor camat , HZ, kepada Kepala Kejaksaan Negeri Gunungsitoli pada tanggal 29 November 2007.
Disebutkan BPC LP Kran dalam suratnya yang ditandatangani, Masatani Telaumbanua, S.ST dan Ros Telaumbanua, akibat dan tindakan pemotongan/penggela pan honor para kepala dusun tersebut, mengakibatkan kerugian dengan total keseluruhan sebesar Rp1.025.000, dan tidak tertutup kemungkinan adanya korban lain yang juga telah dilakukan pemotongan /penggelapan oleh camat dan bendaharawan Kecamatan Sawo kepada kepala dusun lainnya di Kecamatan Sawo.
“Kami harapkan pihak Kejaksaan Negeri Gunungsitoli segera mengusut kasus dugaan pungutan liar / pemotongan honor para kepala dusun oleh oknum camat TZ,SAP bersama sama dengan oknum bendahara HZ sesuai dengan surat pernyataan para korban yang disampaikan kepada LP Kran “, tegas Yuliman Zalukhu, Ketua DPC LP Kran Nias didampingi Masatani Telaumbanua, kepada wartawan di Gunugsitoli. 
Camat Sawo, TZ, SAP ketika hendak dikonfirmasi lewat telefon selularnya, Senin (7/1) hingga Selasa (8/1) tidak dapat dihubungi karena sedang berada di luar jangkauan. Sementara Kajari Gunungsitoli melalui Kasi Intel, Frans rudi Zebua, SH yang ditemui di ruang kerjanya, Selasa (8/1) membenarkan telah menerima laporan pengaduan dari masyarakat melalui LSM. Pihaknya telah memanggil beberapa saksi korban dan para kades untuk klarifikasi. “Kejari Gunungsitoli akan terus memproses pengaduan masyarakat tersebut,” tandas Rudi. (a35)

__._,_.___

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: