NIAS BARU

Nias Bangkit, Nias Berjuang, Nias Bertindak, Nias Sejahtera!

  • November 2007
    M T W T F S S
    « Oct   Dec »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    2627282930  
  • Ya’ahowu Banuada

    Salam dari saya, Marinus Waruwu. Weblog "Nias Baru: Ya`ahowu Tano Niha" ini kita jadikan wahana bertukar pikir serta mengerti lebih dalam "berita aktualita Nias". Partisipasi masyarakat Nias sangat diharapkan. Ya'ahowu. Nias berjuang, Nias Nias bertindak, Nias Sejahtera, Nias maju. Semoga!
  • Pages

  • Marinus W. : Abad-21, Kematian Modernitas dan Kebangkitan Agama-agama

    Abad-21 identik dengan bangkitnya agama-agama. Kebangkitan Agama-agama bukan dikarenakan modernitas tidak mampu lagi menjawab segala tuntutan hidup manusia. tapi karena modernitas tidak menyentuh inner/hati manusia yang bersifat rohani yang merupakan inti dari kemanusiaan itu sendiri. artinya modernitas hanya terbatas pada materi, kenikamatan hidup, sementara bagian dalam manusia tidak tersentuh sehingga manusia mengalami kekosongan rohani. akibatnya, hidup manusia selalu identik dengan kegelisahan, kekacauan, dan rasa ketidakbermaknaan hidup. mungkin saja karena modernitas hanya bergulat dengan sisi luarnya saja. artinya yang fisikal semata. sedangkan inti dalamnya terabaikan. akibatnya, Agama adalah pelabuhan terakhir hidup manusia. sebab sisi dalam hidup manusia, hanya agama yang bisa memasukinya. sayang, kebangkitan agama-agama bagai pisau bermata dua. di satu sisi, agama dapat mengkonstruksi kembali hidup manusia yang sudah hancur karena kegelisahan. di sisi lain, agama justru menjadi sebab terjadinya krisis sosial akhir-akhir ini. triumfalisme atau rasa benar sendiri agama-agama tertentu mengakibatkan munculnya fundamentalime yang berujung pada kekerasan, penganiayaan, kefanatikkan, rasa saling curiga dan saling tidak percaya antar komunitas sosial. dan ujungnya juga adalah kekerasan terhadap kemanusiaan. lalu setelah modernitas dan agama ternyata sama-sama penyebab krisis dalam hidup manusia, kemanakah nantinya manusia berlabuh. adakah paham selain itu, apakah ateis.
  • Nias bangkit, Nias berjuang, Nias sejahtera, Nias sejahtera!

    Bukanlah slogan kosong untuk masyarakat nias. Tapi slogan nias bangkit, berjuang, bertindak, sejahtera adalah slogan yang punya makna. makna apa? makna kebangkitan masyarakat nias dari ketertinggalan dan keterpurukannya terutama dalam bidang pendidikan, ekonomi, dan segala bidang lainnya. Caranya adalah melalui modernisasi pendidikan. Pendidikan adalah salah satu cara terbaik untuk membawa nias ke arah kemajuan. Bila masyarakat punya pola pikir maju dan punya visi dan misi ke depan bukan tidak mungkin masyarakat kita nias dalam 10 tahun ke depan akan sejajar dengan daerah-daerah lain yang telah mencicipi kemajuan.
  • Asking Pardon and Forgiving Offenses:

    You should either avoid quarrels altogether or else put an end to them as quickly as possible; otherwise, anger may grow into hatred, making a plant out of a splinter, and turn the soul into a murderer. For so you read: “ Everyone who hates his brother is a murderer “ (I Yoh 3:15) Whoever has injured another by open insult, or by abusive or oven incriminating language, must remember to repair the injury as quickly as possible by an apology, and he who suffered the injury must also forgive, without further wrangling. But if they have offended one another, they must forgive one another`s trespasses for the sake of your prayers which should be recited with greater sincerity each time you repeat them. Although a brother is often tempted to anger, yet prompt to ask pardon from one he admits to having offended, such a one is better than another who, though less given to anger, finds it too hard to ask forgiveness. But a brother who is never willing to ask pardon, or does not do so from his heart, has no reason to be in the community, even if he is not expelled. You must then avoid being too harsh in your words, and should they escape your lips, let those same lips not be ashamed to heal the wounds they have caused. Thank You!
  • Tulisan Teratas

  • Meta

Sekdapropsu : Pembentukan Propinsi Tapanuli Sudah Final

Posted by niasbaru on November 7, 2007

Medan (SIB)
Sekdapropsu Drs Muhyan Tambuse mengatakan, pembentukan Propinsi Tapanuli sudah final dan secara formal Pempropsu telah menyampaikannya ke DPRD Sumut. Pempropsu akan selalu patuh dan taat azas pada keputusan pemerintah pusat dan DPR RI tentang pembentukan Propinsi Tapanuli.“Untuk tingkat propinsi sudah final, secara formal telah disampaikan kepada pihak legislatif, tinggal menunggu dan akan patuh atas keputusan pemerintah pusat, serta Pempropsu amat taat azas”, ujar Sekdapropsu mewakili Gubsu didampingi Asisten Tatapraja Hasiholan Silaen SH, Kabiro Otda Drs Bukit Tambunan, Selasa (6/11) saat menerima Panitia Ad Hoc I (PAH) DPD RI yang dipimpin Adnan NS di lantai 10 kantor Gubsu.

Kepada rombongan PAH I DPD RI, Muhyan Tambuse juga menjelaskan, wajar-wajar saja muncul pendapat-pendapat baik yang mendukung tanpa reserve, mendukung dengan catatan-catatan dan yang tak mendukung. Itu merupakan nuansa demokratis namun Pempropsu menilai dan yang paling utama sesuai hasil tim bahwa Propinsi Tapanuli layak dimekarkan sehingga diteruskan ke DPRD Sumut.
Disebutkan, keinginan pembentukan Propinsi Tapanuli sudah cukup lama sebelum ada aspirasi yang begitu kuat dari masyarakat di kawasan Tapanuli untuk menjadikan/mendirikan/memisahkan diri dari induk Propinsi Sumut dengan pertimbangan untuk meningkatkan dan memperdekat jarak pelayanan.
Sementara itu, Ketua Rombongan PAH I DPD RI Adnan NS mengatakan, tim yang terdiri dari Lundu Panjaitan SH, Ishak Mandacan SH, Yonathan Nubatonis datang ke Sumut untuk melihat langsung dan untuk menjaring aspirasi. Ingin tahu secara lengkap, fakta dan data-data apa yang disuarakan masyarakat tentang Propinsi Tapanuli. Pemekaran bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat sekaligus membebaskan rentang kendali. Kunjungan ini juga untuk meninjau kesiapan calon Propinsi Tapanuli.
DPD RI siap memback-up dan menentang yang tidak menginginkan pemekaran. Dana ibukota Jakarta tidak ada tanpa daerah. Bayangkan, hanya 26 persen DAU dari sumber APBN yang dibagikan ke daerah dan sisanya 74 persen mengendap di pusat.
DPD akan menentang adanya kebijakan pemerintah pusat membatasi pemekaran khususnya Propinsi Tapanuli. “Bukankah pembentukan Propinsi Tapanuli merupakan aspirasi anak-anak bangsa yang perlu diperhatikan. DPD RI akan memperjuangkan hak-hak daerah”, ujarnya tegas.
Dari segi penduduk Sumut yang 12,8 juta jiwa, kata Adnan, Propinsi Sumut sudah layak untuk dimekarkan menjadi dua atau tiga propinsi bahkan 4 propinsi. Bayangkan, Propinsi Maluku Utara hanya berpenduduk 725 jiwa, demikian juga halnya dengan Gorontalo dan Bangka Belitung. Namun masih banyak sisi yang dilihat baik dari segi sosial dan lainnya. Bila hal ini tidak disikapi dengan baik, dapat berubah seperti kapal oleng sebelah.
Adnan melanjutkan bahwa fungsi DPD untuk menjembatani hubungan pusat dan daerah, pemekaran daerah, Pilkada dan penggabungan daerah. Bila Propinsi Tapanuli lahir, Pempropsu wajib membantu “disusui” hingga 2 s/d 3 tahun masa tenggang waktu dengan berbagai hak dan kewajiban. Selain itu juga akan dilakukan evaluasi apakah daerah tersebut sudah mampu atau tidak dan bila belum mampu akan digabungkan dengan propinsi induk. Adnan juga menyebutkan, di NAD jumlah penduduknya hanya 1,2 juta jiwa tapi hampir semua kabupaten/kota memiliki lapangan terbang.
Sementara itu, Ketua Pemrakarsa Propinsi Tapanuli Ir GM Chandra Panggabean yang turut hadir dan didampingi Ir Hasudungan Butarbutar MSi, Eron Lumban Gaol SE, Hitler Siahaan SH, Sanggam SH Bakkara, KCT Sianturi, Budiman Nadapdap SE, mewakili masyarakat Tapanuli mengharapkan agar DPD RI khususnya PAH I juga dapat mengajukan hak inisiatifnya untuk memperkuat pembentukan Propinsi Tapanuli. Aspirasi masyarakat, suara rakyat adalah suara Tuhan dan disampaikan bahwa 11 September lalu DPR RI sudah menyetujui inisiatif DPR RI dan akan diajukan melalui Komisi II.
Sementara itu, Lundu Panjaitan SH tetap optimis bahwa pembentukan Propinsi Tapanuli akan terwujud dan diharapkan lebih cepat lebih baik. Tidak ada alasan untuk menunda-nunda dan kalau bisa akhir tahun ini dapat terlaksana, segala upaya akan dilakukan untuk itu, katanya. (M3/M35/c)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: