NIAS BARU

Nias Bangkit, Nias Berjuang, Nias Bertindak, Nias Sejahtera!

  • November 2007
    M T W T F S S
    « Oct   Dec »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    2627282930  
  • Ya’ahowu Banuada

    Salam dari saya, Marinus Waruwu. Weblog "Nias Baru: Ya`ahowu Tano Niha" ini kita jadikan wahana bertukar pikir serta mengerti lebih dalam "berita aktualita Nias". Partisipasi masyarakat Nias sangat diharapkan. Ya'ahowu. Nias berjuang, Nias Nias bertindak, Nias Sejahtera, Nias maju. Semoga!
  • Pages

  • Marinus W. : Abad-21, Kematian Modernitas dan Kebangkitan Agama-agama

    Abad-21 identik dengan bangkitnya agama-agama. Kebangkitan Agama-agama bukan dikarenakan modernitas tidak mampu lagi menjawab segala tuntutan hidup manusia. tapi karena modernitas tidak menyentuh inner/hati manusia yang bersifat rohani yang merupakan inti dari kemanusiaan itu sendiri. artinya modernitas hanya terbatas pada materi, kenikamatan hidup, sementara bagian dalam manusia tidak tersentuh sehingga manusia mengalami kekosongan rohani. akibatnya, hidup manusia selalu identik dengan kegelisahan, kekacauan, dan rasa ketidakbermaknaan hidup. mungkin saja karena modernitas hanya bergulat dengan sisi luarnya saja. artinya yang fisikal semata. sedangkan inti dalamnya terabaikan. akibatnya, Agama adalah pelabuhan terakhir hidup manusia. sebab sisi dalam hidup manusia, hanya agama yang bisa memasukinya. sayang, kebangkitan agama-agama bagai pisau bermata dua. di satu sisi, agama dapat mengkonstruksi kembali hidup manusia yang sudah hancur karena kegelisahan. di sisi lain, agama justru menjadi sebab terjadinya krisis sosial akhir-akhir ini. triumfalisme atau rasa benar sendiri agama-agama tertentu mengakibatkan munculnya fundamentalime yang berujung pada kekerasan, penganiayaan, kefanatikkan, rasa saling curiga dan saling tidak percaya antar komunitas sosial. dan ujungnya juga adalah kekerasan terhadap kemanusiaan. lalu setelah modernitas dan agama ternyata sama-sama penyebab krisis dalam hidup manusia, kemanakah nantinya manusia berlabuh. adakah paham selain itu, apakah ateis.
  • Nias bangkit, Nias berjuang, Nias sejahtera, Nias sejahtera!

    Bukanlah slogan kosong untuk masyarakat nias. Tapi slogan nias bangkit, berjuang, bertindak, sejahtera adalah slogan yang punya makna. makna apa? makna kebangkitan masyarakat nias dari ketertinggalan dan keterpurukannya terutama dalam bidang pendidikan, ekonomi, dan segala bidang lainnya. Caranya adalah melalui modernisasi pendidikan. Pendidikan adalah salah satu cara terbaik untuk membawa nias ke arah kemajuan. Bila masyarakat punya pola pikir maju dan punya visi dan misi ke depan bukan tidak mungkin masyarakat kita nias dalam 10 tahun ke depan akan sejajar dengan daerah-daerah lain yang telah mencicipi kemajuan.
  • Asking Pardon and Forgiving Offenses:

    You should either avoid quarrels altogether or else put an end to them as quickly as possible; otherwise, anger may grow into hatred, making a plant out of a splinter, and turn the soul into a murderer. For so you read: “ Everyone who hates his brother is a murderer “ (I Yoh 3:15) Whoever has injured another by open insult, or by abusive or oven incriminating language, must remember to repair the injury as quickly as possible by an apology, and he who suffered the injury must also forgive, without further wrangling. But if they have offended one another, they must forgive one another`s trespasses for the sake of your prayers which should be recited with greater sincerity each time you repeat them. Although a brother is often tempted to anger, yet prompt to ask pardon from one he admits to having offended, such a one is better than another who, though less given to anger, finds it too hard to ask forgiveness. But a brother who is never willing to ask pardon, or does not do so from his heart, has no reason to be in the community, even if he is not expelled. You must then avoid being too harsh in your words, and should they escape your lips, let those same lips not be ashamed to heal the wounds they have caused. Thank You!
  • Tulisan Teratas

  • Meta

Propinsi Tapanuli Dipersiapkan Menjadi Propinsi ke-34 di Indonesia

Posted by niasbaru on November 7, 2007

Sibolga (SIB)

Ketua Rombongan Panitia Ad Hoc I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Adnan NS SSos (daerah asal NAD) mengatakan, Propinsi Tapanuli saat ini tengah dipersiapkan menjadi propinsi ke- 34 di Negara Kesatuan Republik Indonesia atau menjadi propinsi ke-8 setelah era reformasi sehingga perlu didukung dan diharapkan tahun ini dapat segera terwujud.
Hal tersebut dikatakannya dalam sambutan pada acara ramah tamah dengan unsur masyarakat Sibolga, Nisel (Nias Selatan) dan Panitia Tim Pemrakarsa Pembentukan Prop Tapanuli, Selasa (6/11) di Pendopo Rumah Dinas Walikota Sibolga Jalan Dr Ferdinan Lumbantobing Sibolga.
Menurutnya, kedatangan tim dalam rangka Kunker sekaligus upaya jemput bola menyikapi aspirasi masyarakat di Tapanuli untuk memekarkan diri dari Propinsi Sumut dengan dasar mengejar ketertinggalan pembangunan daerah yang arahnya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. “Saya memaklumi keinginan daerah untuk memekarkan diri, demi kemajuan daerah sehingga dapat memperpendek rentan kendali pemerintahan dan memperdekat pelayanan publik seperti halnya pengurusan perijinan,” katanya seraya meyakinkan masyarakat Tapanuli proses pembentukan Prop Tapanuli saat ini tinggal menunggu waktu saja.
Walikota Sibolga Drs Sahat P Panggabean menambahkan, keinginan masyarakat di Tapanuli untuk memekarkan diri sudah sangat lama diperjuangkan sehingga layak untuk diwujudkan guna mengejar ketertinggalan pembangunan dengan daerah lain.
Ia juga mengharapkan dukungan DPD untuk segera mewujudkannya termasuk memperjuangkan anggaran bagi sektor pembangunan yang saat ini sedang bergulir di Kota Sibolga seperti halnya pembangunan sarana olahraga di kawasan Aek Parombunan dan pembenahan fasilitas dan bangunan bertingkat RSU Dr F L Tobing Sibolga dalam rangka menaikkan type dari type C menjadi type B.
Pada kesempatan tersebut Ketua Tim DPD didampingi anggota lainnya Lundu Panjaitan SH MH (daerah asal Sumut), Ishak Mandacan SH (daerah asal Papua Barat), Nita Budi Susanti (daerah asal Maluku Utara), Dra Hj Nafisah Sahal (daerah asal Jateng), Midin B Lamany SH (daerah asal Maluku), Drs Pariman Mbyo SH (daerah asal Sulteng) dan Yonathan Nubatomis (daerah asal NTT) diulosi perwakilan masyarakat Sibolga dan Nias Selatan di antaranya Ketua DPRD Kota Sibolga Syahlul Umur Situmeang, Ketua dan Sekretaris Forum Komunikasi Umat Beragama Kota Sibolga Drs H Sarmadan Daulay dan Pastor Blasius Yesse Pr, Preases HKBP Distrik IX Sibolga Pdt SMT Hutasoit, mewakili etnis Tionghoa Mestika Nauli, Ketua Himpunan Masyarakat Nias Indonesia Kota Sibolga Muklis Gea, Irwansyah Nasution dan tokoh adat Oloan Pakpahan, Ketua DPRD Nisel DR Hadirat Manao SH SSos, Ephorus Banua Kriso Protestan Nias (BKPN) Pdt S Manao, anggota DPRD Nisel F Halawa dan tokoh masyarat Nisel TJ Duha.
Ephorus BKPN Pdt S Manao menjawab wartawan usai mengikuti acara, mendoakan Prop Tapanuli segera diwujudkan sebagai hadiah Natal 2007 bagi masyarakat Tapanuli termasuk masyarakat di Nisel. “Perjuangan membentuk Prop Tapanuli sudah lama dikumandangkan sehingga tidak ada lagi alasan untuk menghempang keinginan rakyat di Tapanuli,” katanya seraya meyakinkan tim DPD bahwa keinginan membentuk Prop Tapanuli sudah menjadi kerinduan di tengah masyarakat. (T3/t)

2 Responses to “Propinsi Tapanuli Dipersiapkan Menjadi Propinsi ke-34 di Indonesia”

  1. Junsulover said

    ada yang tau gk kerjasama dprd ama pemerintah darah ?????????
    butuh jwbny cepaaaaaaaaaaaaaaaaaaaatttttttttttttttttttttttt

  2. Devita said

    Ternyata tapanuli menjadi provinsi ke-34 di Indonesiaaa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: