NIAS BARU

Nias Bangkit, Nias Berjuang, Nias Bertindak, Nias Sejahtera!

  • July 2014
    M T W T F S S
    « Nov    
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    28293031  
  • Ya’ahowu Banuada

    Salam dari saya, Marinus Waruwu. Weblog "Nias Baru: Ya`ahowu Tano Niha" ini kita jadikan wahana bertukar pikir serta mengerti lebih dalam "berita aktualita Nias". Partisipasi masyarakat Nias sangat diharapkan. Ya'ahowu. Nias berjuang, Nias Nias bertindak, Nias Sejahtera, Nias maju. Semoga!
  • Pages

  • Marinus W. : Abad-21, Kematian Modernitas dan Kebangkitan Agama-agama

    Abad-21 identik dengan bangkitnya agama-agama. Kebangkitan Agama-agama bukan dikarenakan modernitas tidak mampu lagi menjawab segala tuntutan hidup manusia. tapi karena modernitas tidak menyentuh inner/hati manusia yang bersifat rohani yang merupakan inti dari kemanusiaan itu sendiri. artinya modernitas hanya terbatas pada materi, kenikamatan hidup, sementara bagian dalam manusia tidak tersentuh sehingga manusia mengalami kekosongan rohani. akibatnya, hidup manusia selalu identik dengan kegelisahan, kekacauan, dan rasa ketidakbermaknaan hidup. mungkin saja karena modernitas hanya bergulat dengan sisi luarnya saja. artinya yang fisikal semata. sedangkan inti dalamnya terabaikan. akibatnya, Agama adalah pelabuhan terakhir hidup manusia. sebab sisi dalam hidup manusia, hanya agama yang bisa memasukinya. sayang, kebangkitan agama-agama bagai pisau bermata dua. di satu sisi, agama dapat mengkonstruksi kembali hidup manusia yang sudah hancur karena kegelisahan. di sisi lain, agama justru menjadi sebab terjadinya krisis sosial akhir-akhir ini. triumfalisme atau rasa benar sendiri agama-agama tertentu mengakibatkan munculnya fundamentalime yang berujung pada kekerasan, penganiayaan, kefanatikkan, rasa saling curiga dan saling tidak percaya antar komunitas sosial. dan ujungnya juga adalah kekerasan terhadap kemanusiaan. lalu setelah modernitas dan agama ternyata sama-sama penyebab krisis dalam hidup manusia, kemanakah nantinya manusia berlabuh. adakah paham selain itu, apakah ateis.
  • Nias bangkit, Nias berjuang, Nias sejahtera, Nias sejahtera!

    Bukanlah slogan kosong untuk masyarakat nias. Tapi slogan nias bangkit, berjuang, bertindak, sejahtera adalah slogan yang punya makna. makna apa? makna kebangkitan masyarakat nias dari ketertinggalan dan keterpurukannya terutama dalam bidang pendidikan, ekonomi, dan segala bidang lainnya. Caranya adalah melalui modernisasi pendidikan. Pendidikan adalah salah satu cara terbaik untuk membawa nias ke arah kemajuan. Bila masyarakat punya pola pikir maju dan punya visi dan misi ke depan bukan tidak mungkin masyarakat kita nias dalam 10 tahun ke depan akan sejajar dengan daerah-daerah lain yang telah mencicipi kemajuan.
  • Asking Pardon and Forgiving Offenses:

    You should either avoid quarrels altogether or else put an end to them as quickly as possible; otherwise, anger may grow into hatred, making a plant out of a splinter, and turn the soul into a murderer. For so you read: “ Everyone who hates his brother is a murderer “ (I Yoh 3:15) Whoever has injured another by open insult, or by abusive or oven incriminating language, must remember to repair the injury as quickly as possible by an apology, and he who suffered the injury must also forgive, without further wrangling. But if they have offended one another, they must forgive one another`s trespasses for the sake of your prayers which should be recited with greater sincerity each time you repeat them. Although a brother is often tempted to anger, yet prompt to ask pardon from one he admits to having offended, such a one is better than another who, though less given to anger, finds it too hard to ask forgiveness. But a brother who is never willing to ask pardon, or does not do so from his heart, has no reason to be in the community, even if he is not expelled. You must then avoid being too harsh in your words, and should they escape your lips, let those same lips not be ashamed to heal the wounds they have caused. Thank You!
  • Tulisan Teratas

  • Meta

REDAKSI

Redaktur Weblog ini adalah Marinus Waruwu, Putera Mandrehe. Dari desa hilisangawola,kira-kira 12 km dari kota mandrehe. berdomisili di Jl. Sultan Agung No. 2 Bandung, Jawa Barat. Ya`ahowu

91 Responses to “REDAKSI”

  1. Andreas said

    Salam kenal buat saudara marinus waruwu..apa sadaura punya FS??? saya ingin belajar banyak dari bung rinus.
    bung rinus bisa lihat profil saya di fs dengan email Baluse79@plasa.com atau nama andreas asha…..!!!!!

    ya’ahowwu….!!!

    • pak sumitro said

      JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT……

      JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT……

      JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT……

      JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT……

      JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT……

      JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT……

  2. salam kenal….
    saya sedang skrg ini ada beberapa situs yyg nias.
    Saya berencana menerbitkan sebuah media, yg nantinya berbentuk media cetak (tabloid) Nias. saya mohon dukungan dari saudara marianus, semoga rencana ini sapat terrealisasi…..
    bravooo/…

  3. niasbaru said

    Untuk sdr. Mario apa pun yang sdr. lakukan asalkan ke hal-hal yang baik, saya selalu mendukung 100 %. Walaupun secara materi saya tidak mampu membantu sdr, tapi mungkin secara intelektual dan doa saya bisa membantu. Semoga cita-cita anda tercapai ya. Jangan pernah mundur. Gunakanlah dan kembangkan bakat-bakat brilian sdr.selagi masih muda. OK…Thanks ya..Tuhan Yesus Memberkati kita semua.

    Bandung

  4. Efendi Zebua said

    Pilar Nias Barat yang berkedudukan di Jakarta dengan beranggotakan komunitas masyarakat yang berasal dari Nias Barat akan mengadakan Musyawarah Nasional pada tanggal 23 februari 2008.

    Pada kesempatan Munas itu nanti diharapkan dapat menghimpun secara keseluruhan potensi masyarakat yang berasal dari Nias Barat dalam memberikan sumbangsih demi membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Nias, khususnya yang berada di wilayah Nias Barat. Demikian dikatakan Bapak Drs. Matias Daeli (Ama Velo) selaku unsur ketua panitia munas yang dibentuk pada rapat tanggal 2 februari 2008 di Jakarta Barat.

    Pilar Nias Barat merupakan organisasi milik semua masyarakat yang berasal dari Nias hanya saja karena pada pembentukannya pada tanggal 5 Mei 2007 dan deklarasi pada 26 Mei 2007 difokuskan ke wilayah Nias Barat karena dilihat bahwa daerah tersebut sangat jauh tertinggal sehingga memerlukan perhatian yang lebih serius, tambah Bapak Efendi Zebua S.Si (Ama Wirda) sekretaris panitia Munas Pilar.

    Untuk mensukseskan Munas tersebut akan mengundang Pembicara dari Nias baik Pemerintah, BRR maupun para pemerhati/pengusaha yang peduli terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat Nias dan yang lebih penting lagi adalah untuk memaparkan keadaan yang sudah dicapai dalam penanganan masalah di Nias baik pembangunan segala sektor maupun progres perjuangan dalam pembentukan daerah otonomi di Nias, Dengan demikian secara keseluruhan masyarakat Nias memiliki pemahaman yang sama mengenai Nias dan wilayah Nias Barat.

    Tak lupa memohon dukungan dan doa restu dari semua komponen masyarakat Nias, secara khusus yang berasal dari wilayah Nias Barat dimanapun berada agar acara tersebut berjalan sesuai dengan harapan kita semua, kata Pak Daeli dan Pak Zebua.

  5. ANG said

    Saohagolo Bp. Ama Wirda atas telponnya beberapa hari yl. Dari Kalimantan saya doakan bahwa yang terbaiklah yang akan terpilih sebagai Ketum, Sekum & Bendum PNB nantinya tgl 23.2.08, Gbu.

    ANG * KalSel

  6. EDISON ZAI said

    Ya’ahowu !
    Slamat dan Sukses bwt sdr. Marinus Waruwu dan smua pengurus Nias Baru. Kami pendatang baru hanya coba2 online ke Nias Baru, brasal dari ds.Hilimbuasi Kec. Lolofitu Moi. Ok, salam untuk Redaksi Niar Baru.

  7. Ega Mawardin said

    Yaahowu. Saya senang berkenalan dengan situs ini. membanggakan memang kita banyak mendapatkan informasi. muah-mudahan bukan untuk saling bertengkar. Kalau boleh saya ingin meminta bantuan teman-teman pembaca. kalau ada buku sejarah pemerintahan kabupaten nias atau dalam bentuk apapun tentang sejarah pemerintahan nias sangat saya butuhkan untuk melengkapi tulisan saya tentang pemerintahan nias dulu dan sekarang. Kita dapatkoresponden melalui e-mail saya di teteholi@yahoo.co.id
    makasih bantuannya. yaahowu

  8. Stadi Dachi said

    Senang ketika membuka situs ini pa Waruwu, salam kenal ya, semoga dapat bermafaat untuk nias maju. Stadi Dachi, asal Desa Bawogosali Kab. Nias Selatan. sekarang lagi bujangan dalam tugas di Manado – Sulawesi Utara tepatnya di Kota Tomohon

  9. Ega Mawardin said

    Untuk Saudara Marinus Waruwu, saya sangat berterima kasih segala upaya sdr dalam mencoba membantu kita-kita mendapatkan informasi berbagai hal. Kalau sdr dapat membantu saya jika memiliki dokumen pemerintahah nias berupa sejarah pemerintahan saya sangat berterima kasih. saya dapat di kontak e-mail teteholi@yahoo.co.id terima kasih segala bantuannya. Yaahowu.

  10. niasbaru said

    Slam Kasih Sdr Ega

    Selama ini saya sering mencari terus-menerus tentang budaya dan adat-istiadat masyrakat nias. Tapi sayang kalau mengenai sejarah pemerintahan nias saya belum dapat/ belum punya. Tapi klau tentang budaya/ asal-usul orang nias, saya punya bukunya…

    Thanx
    Bandung

  11. ecevit demirel said

    nias begitu mempesona bagi saya.alangkah bangga & bahagianya jika segala informasi tentang nias dikirimkan ke e-mail saya. saya membuka diri bagi setiap sahabat nias yang ingin berbagi cerita

    trims,
    ede_pdg@yahoo.co.id

  12. ecevit demirel said

    oh ya, supaya lebih mudah berkomunikasi, hubungi saja saya di Hp 085263701322. tolong informasikan juga tentang organisasi nias di kota padang, key?!

    Trims,
    ecevit demirel
    085263701322

  13. dominiriahulu said

    nice 2 read…
    salam kenal..
    ya’ahowu:)

  14. aisha said

    PressRelles:

    Fenomena Perkawinan Usia Dini di Nias Difilmkan:
    *Diputar di Lapangan Merdeka Gunung Sitoli

    Kisah perkawinan usia dini di Kabupaten Nias bukan merupakan hal baru yang kita dengar. Berdasarkan penelitian Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA), sepanjang 2005 – 2007 tercatat 109 kasus kekerasan terhadap perempuan, dengan dominasi kasus perkawinan usia dini.
    Karenanya, PKPA bekerjasama dengan Sineas Film Documentary (SFD) dan didukung Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Medan, membuat film bergenre dokudrama yang mengangkat fenomena kentalnya perkawinan dini di beberapa daerah di Indonesia, termasuk Nias.
    Film berjudul “Perempuan Nias Meretas Jalan Kesetaraan” dan berdurasi 35 menit ini akan ditayangkan di Lapangan Merdeka Gunung Sitoli, Sabtu malam (25/10), setelah sebelumnya ditayangkan di Kecamatan Lahewa pada Selasa (21/10) dan di Desa Sawo, Rabu (23/10).
    “Film ini merupakan kisah nyata yang berangkat dari hasil penelitian PKPA atas kekerasan terhadap anak dan perempuan, terutama tentang perkawinan di usia dini. Film ini adalah sebuah kampanye betapa kekerasan terhadap perempuan tidak seharusnya terjadi lagi,” kata Direktur PKPA Medan, Ahmad Sofyan, kepada wartawan, Rabu (22/10).
    Film dokudrama ini diproduksi untuk tidak dikomersilkan. Film ini diproduksi sebagai media kampanye PKPA menolak segala bentuk kekerasan terhadap anak dan perempuan terutama menolak pernikahan di usia dini.
    Film berkisah tentang Yanti, anak perempuan Nias berusia 15 tahun yang cantik, energik dan cerdas, yang ingin melanjutkan pendidikan ke SMA favorit dengan beasiswa yang ia peroleh karena prestasinya. Namun, keinginannya tersebut terkendala karena tiba-tiba ia mendengar bahwa dirinya akan segera dinikahkan dengan keluarga terpandang di desa mereka. Bahkan, jujuran (uang pinangan) sudah dipersiapkan. Tak ingin adiknya mengalami pernikahan dini yang bakal menyeretnya dalam penderitaan sebagaimana yang dialaminya, Mira sang kakak mencoba berbagai cara untuk menggagalkan rencana yang sudah disusun sang ayah meski harus mendapat berbagai perlakuan kasar dan kekerasan.
    “Kisah Yanti tentu merupakan fakta yang semestinya tidak boleh terjadi lagi di saat dunia menjunjung tinggi derajat perempuan. Tapi, di beberapa daerah di Indonesia, fakta-fakta ini masih dapat diendus dengan begitu mudah. Di Nias, kawin paksa yang lebih identik dengan kekerasan terhadap perempuan lebih cenderung dilatarbelakangi penafsiran adat dan agama yang bias gender,” ujar Producer Film Perempuan Nias Meretas Jalan Kesetaraan, Misran Lubis
    Di mata sutradara dokudrama ini , Onny Kresnawan yang juga Direktur SFD, ada fenomena sosial yang terjadi di Nias sehingga menggerakkan SFD dengan PKPA untuk membuat film dokudrama, dimana 50 persen di antaranya merupakan fakta dan 50 persen lainnya merupakan bumbu-bumbu dari sinematografi.
    Penggarapan fim ini memakan waktu 13 hari (10 shooting di lapangan dan 3 hari audisi pemain). Pemain-pemain sendiri berasal dari daerah yang dalam penelitian PKPA termasuk daerah dengan angka tertinggi dalam kasus kekerasan terhadap perempuan, di antaranya di Desa Sawo, Kecamatan Tuhemberua, Kab. Nias.
    Meski bukan aktor dan aktris, namun dengan semangat yang cukup tinggi, sejumlah pemain yang direkrut dengan tokoh utama Vini S Zega sebagai Yanti dan Noveria Zega sebagai Mira serta dibantu beberapa warga setempat serta personil PKPA, dapat menghasilkan sebuah film non komersil yang layak tonton.
    Saat draft editing film 75 persen dikerjakan SFD, dan kemudian dilakukan evaluasi yang melibatkan beberapa tokoh masyarakat, pihak kepolisian dan stakeholder di Gunung Sitoli mendapat respon positif. “Ternyata, di luar dugaan film ini diakui mereka sebagai karya besar Ono Niha, bahwa film ini merupakan karya anak Nias yang cukup membanggakan. Dan mereka meminta agar film ini diputar secara umum,” ujar Onny.
    Film ini juga menjadi pemicu bagi SFD untuk memproduksi film-film dokudrama sejenis bersama anak-anak di tingkat II se-Sumatetra Utara dengan thema “Suara Anak Bawah Langit”. “Film ini akan berkonsep tentang kisah anak-anak di beberapa daerah, dengan persoalan mereka masing-masing dan didaerah masing-masing. Misalnya di Labuhan Batu, kita bisa membuat dokudrama tentang pekerja anak di perkebunan. Di Langkat, bisa diangkat kehidupan anak-anak di jermal,” jelas Onny yang tahun lalu karya Film Dokumenternya “Pantang di Jaring Halus” dan “BADAI” merai anugrah film terbaik di J-Festival Jawa Timur dan Juara III di Jakarta.
    “Saya optimis masyarakat Nias akan tumpah ke Lapangan Merdeka Gunung Sitoli karena film ini berbau edukasi sekaligus menggambarkan keindahan fanorama alam dan kebudayaan di Nias. Saya optimis ini akan disambut baik masyarakat Nias,” tutur Onny***

    Ditulis Oleh
    Fahriz Tanjung

    • friska zai said

      hai, aku salah satu anak nias yang sekarang sedang kuliah di jakarta.
      aku senang banget nemuin blog ini. sangat bermanfaat, terutama tulisan ini.
      aku mahasiswa yang jurusannya terkait dengan hal-hal inidan aku juga punya keinginan mengambil penelitian di nias mengenai pernikahan dini di nias.
      boleh gak info2 ttg pernikahan dini di nias dikirim ke email aku??
      tengs banget,,GBU all :)

      • sehati lombu said

        DK Friska Zai…………salam kenal saya Sehati Lombu ana nias jg. skrag saya jg di Jakarta.Adk Tinggalnya dimana? Trus Kuliahnya Dimana?

  15. balazi said

    mmf bung baru tabalas emailnya soalnya baru ada jadwal keluar oke? saya turut berduka cita atasa meninggalnya Damarius. baru saya dengar kemarin sore.. pakah waktu itu bung sudah balik kenias? salam untuk semua waqrga nias. sya mau? apak boleh saya masukan profil saya kessitus niasa baru? balas. Jesus bless you.

  16. balazi said

    nama Bebalazi Lombu. saya berasal dari Desa Hilisangawola. saya tamat smp swasta jasa karya dan SMA-NYA DI SMA Ulumoro,o.yamg pada saat itu belum memiliki gedung yang permanen tapi kami menggunakan gedung smp 4 mandrehe. tapi walaupun saat tiu kami belum bisa m,neikmati gedung yang baru, tapi kmai cukup bangga karena kami merupakn buah pertama dari SMA. ULUMORO,O.sekarang saya melanjut di STT Providensia Batu-malang jawa timur-Indonesia/ smester 5. salam untuk smua warga nias baik yang ada di rantu/diniasa sendiri. khusdunya untuk staf guru yang ada di SMP JSA KARYA” MAJU TERUS JNGAN MNYERAH WALUPUN HONORNYA HANYA SEDIKIT” TAPI INGAT KEPADA SIAPA NDA BEKERJA.dan juga kepada Bapak ibu guru yang ada di SMP/SMA ULUMORO,O SELAMT MENGAJAR TUHAN YESUS MEMBERKATI” JANGAN LELAH” KAMI ANAK-ANAK KALIAN AKAN MENDUKUNG DALAM DOA. TRIMS tUHAN MEMBERKATI.yahowu.

    • ytk adik Balazi lombu, salam jumpa lewat webs ini,dulu nama saya sehati lombu anak bpk A. Dinu lombu Hilisangawola, sekarang saya biasa di panggil suster maria steffi FSGM,sebagai nama biarawati.adek selamat belajar yach. hawaara mangawuli banias..? naso ginoto manoro-noro ba Jakarta ombakho khogu he yaodo toroi baJakarta pusat.lau dek indege daau saya selalu mendukung perjuangan untuk memperbaiki dan memngangkat mutu desa kita tercinta Hilisangawola.adek boleh g saya tebak adik sapa…? jika salah mhn maaf yaitu Ana amagu saa. A. Ziena, hadia benar ? yahowu…

      • betul sekali kk..good..i like it..luar bias…ok..kemarin barusan saya pulang kenias..k(saya panggil kk aja ya?…sekarang saya di batu-malng jawa timur….lagi nyusun skripsi..ok senang bertemu dengan kk…kalo kk mw lihat provil saya ada di http://www.facebook.com/ Bebalazi lombu..maksih k

  17. balazi said

    thanks Bung atas balasan emailnya. rencana Desember ini saya mau kenias. soalnya saya juga ingin melihat pulau nias walaupun banyak orang mengatkan bahwa nias tidak lah berati tapi bagi saya nias adalah sesuatu harta yang tak terlupakan. bung tolog edit dulu tulisanku itu soalnya banyak huruf yang kurang thanks n Gbu.

  18. Marinus W. said

    Ok bagus kalau kamu masih mencintai Nias. Nias tetaplah dibenak kita semua. Namun pertanyaannya adalah apa tindakan kita untuk mengangkat Nias ke permukaan? Apakah hanya sekedar simpati, ide tanpa tindakan, atau ide disertai tindakan. Makanya rajin belajar ya…!!!

    Kalau pulang, Saya kirim buat saudara/i yang ada di Pulau Nias.

    Tetap semangat

    • Ytk sdrd Marinus… yahowu hadia duria badaa..?
      omuso sai dodogu meubaso so dei Desa holisangawola.
      profiat yach. saya selalu mendukung perjuangan yang terbaik. sampe jumpa. salam tano Niha niomasio yahowu

      sehati lombu

      • Marinus W. said

        Yaahowu

        Ka Sr. Steffi yang dicintai Tuhan. Akhirnya kita bertemu juga di situs http://www.niasbaru.wordpress.com ini. Saya sendiri sudah lama menunggu kemuncullan Sr. Steffi di dunia maya ini, dan itu menjadi kenyataan juga.

        Sewaktu saya libur ke Nias sebetulnya saya ingin bertemu dengan Sr. Tapi ternyata sr. sudah berangkat ba dano sefo. Tidak apa-apa. Mungkin suatu saat kita bisa bertemu di jakarta.

        Beberapa waktu lalu saya mendengar kalau sr. kuliah di salah satu sekolah tinggi ilmu kesehatan di jakarta. Berapa tahun lagi sr di sana?

        Alamatmu di jakarta dan no.hp-nya bisa diberitahu dong…saya sering libur di jakarta Sr.

        Slm, Yaahowu

        Marinus W.
        Pengelola situs http://www.niasbaru.wordpress.com

    • sehati lombu said

      Met siang adek maaf telat balasnya, alamt kom. di Jakarta kom st. Frasiskus Jln banguan barat no.05 kampung ambon Jakarta Timur. he adk wauila daana, haboro waoya tugasgu uwao ah haufaigimbanuama hadiso bakha bainternet daana…? pertama niilagu fotomo trus saya se4makin penasaran jadi semuanya saya buka dan baca,na Fbku.tulis saja sehati lombu no hp.koso sara telu walu fitu fitu lima walu koso dua siwa walu.laukhi ombakho khogu hawaara moio bajakarta. boi hub. ndaodo ofeta minggu mahemolu boro rekoleksi ndaodo. yao amena mahasiswa baru, faara 5 fakhe boro so profesi yafaoma itolo ita lowalangi yahowu.

      • niasbaru said

        Ok ka…
        trims banyak info-nya ya…
        Memang photo2 para artis seringkali membuat penasaran para fans-nya ka2 ha ha ha…(Bercanda). Sip. fb-mu nanti saya search. Tapi jngan lupa confirm ya…

        Lau ba ka. Semangat terus. Saya selalu mendukungmu dalam doa-doa saya. Saya tahu dan percaya ka2 dan juga kita semua bisa melakukan hal-hal luar biasa dalam hidup ini.

        Marinus Waruwu
        Bandung, Jabar

    • sehati lombu said

      penarasan to lebih baik,itu artinya pengentahu lebih jelas dan mendetail lagi bukan,,,? g’ pa2 tapi ada syaratnya yaitu untuk lebih jelas datang z di campusnya suster hhehe..chie.. pintu selalu terbuka untuk adek kok.sesibuk apapun jangan lupa menjaga kesehatan, kita bisa kaeja dengan hasil yang baik kalau badan kita sehat dan segar oc

      by k. sr. steffi

      • niasbaru said

        Ok ka…
        Bologo dodou khogu goi boro me photo nakhimo si siga2 da`o telah membuat penasaran ka2…

        ok…nanti deh klo ada waktu jalan2 ke sana.

        Jaga juga kesehatan. Jangan lupa makan dan minum. Saya dan kita semua selalu mendukung ka2 di sana, sehingga kami tetap yakin bahwa ka2 dapt meraih kesuksesan di bidang ilmu kesehatan…

        sukses selalu. slm untuk teman2

        Marinus W.

    • sehati lombu said

      lau adk Saohagolo salamnya saya akan sampaikan untu mereka, kalao mau berteman ma mereka lihat z yang senag di Fbnya ka22…
      doa2q menyiringi perjuangan adk
      salam hangat dariq txu GBU full.

      • Marinus W. said

        Yaahowu ka2…

        sip deh…saohagolo dah di confirm ya jd teman di fb…

        Iya sy juga lihat2 teman2 ka2 di fb ka2…
        tp ga adaa yg tertarik euh..selain photonya ka2 itu hehehehehhe…bercanda!

        Ok doa sy juga selalu bersama dgn ka2. Hawa`ara mangawuli ba dano niha ka?

        Slm

    • sehati lombu said

      belum tentu , soalnya waktunya belum ada dan karna tempat kita jauh saya hanya punya jatah untuk berlibur satu kali dalam 3 tahun. mungkin baru bisa 2011. kalau adk kapan?

      • Marinus W said

        Hello ka..Yaahowu

        Ia nasib kita memang seperti itu ka…Mau tidak mau mah kita harus sabar untuk menunggu waktunya libur. Kalau saya tahun depan ka…tapi saya kurang tahu juga nieh…muda2an kita masih tetap setia dgn panggilan ini he he he….

        Lau ba ka…kalau ada kesempatan sy usahain ke tempat kaka2 di sana….

        Yaahowu

    • sehati lombu said

      met pagi dek semoga dengan berkat Tuhan harapan kita sebagai ciptaannya mau selalu setia, kita meyakini bila panggilan suci ini adalah kehendak Tuhan sendiri pasti ada rahmat yang tersembunyi yang disediakan buat kita, untuk menjadi saksi-Nya. salam kasihku.

  19. Balazi said

    syalom!
    selamat hari minggu semuanya tuhan Yesus memberkati! Bung apakh di nias barat sudah masuk /sudah bisa terjangkau internet? Bung thanks atas balasan emailnya saya senang banget. tapi yang saya bisa beri untuk Nias adalah Doa. karena tanpa Doa nias tidak dapat ngapa-ngapain? oke . salam untuk semua. kalau mau hubungin saya silakan kirim emailke alamat saya.

    balazi_lombu@plasa.com

  20. Balazi said

    salam untuk bapak/ibu Guru baik SMA, SMK.N., SMP 4-MANDREHE MAuPUM PARA LULUSANYA! baik yang ada di Nias maupun yang ada di luar Nias. khusnya untuk saudara-sauadara yang ada di Malang-Blitar dan sekitarnya. kapan natal perkumpulan orang Nias se-Jatim dan diadakan dimana? thanks Tuhan Yesus memberkati! sekaligus juga untuk bapak pdt Beni Gulo, FANGANDRO GIAWA/ A. Tety di BNKP ALASA selamat melayani JBU.

    NB- Bung salam untuk semua pengurus nias baru…apakah Nias baru mengadakan Natal?

  21. Balazi said

    salam untuk bapak/ibu Guru baik SMA, SMK.N., SMP 4-MANDREHE maupun PARA LULUSANYA! baik yang ada di Nias maupun yang ada di luar Nias. khusnya untuk saudara-sauadara yang ada di Malang-Blitar dan sekitarnya. kapan natal perkumpulan orang Nias se-Jatim dan diadakan dimana? thanks Tuhan Yesus memberkati! sekaligus juga untuk bapak pdt Beni Gulo, FANGANDRO GIAWA/ A. Tety di BNKP ALASA selamat melayani JBU.

    NB- Bung salam untuk semua pengurus nias baru…apakah Nias baru mengadakan Natal?

  22. bebalzi said

    selamat sore bung…. boleh kah sya mimta no ponsel bpk pdt Beni?

  23. Firdaus Gulo said

    Masyarakat Nias Barat yang berada di pulau jawa dan sekitarnya akan mengadakan syukuran sekaligus Natal atas disahkannya UU OTDA KABUPATEN NIAS BARAT yang diadakan pada :

    Hari Tanggal : SABTU / 20 Desember 2008
    Mulai : pukul 17.00 Wib s/d selesai
    Tempat : Auditorium Gedung Balai Pustaka Jln. Gunung Sahari Raya no.4 Jakarta
    Pusat (Seberang Terminal Pasar SENEN Jakarta pusat)
    Acara : – Kebaktian
    - Hiburan lagu rohani oleh artis Nias dan artis Ibukota
    - Tarian Maena Rohani

    Mohon komunitas masyarakat Nias Barat yang mau membawakan koor/vokal group mendaftarkan kepada Panitia cq Sie Acara Bpk Ama Kristian (0813-86-388388) selambat-lambatnya satu hari sebelum acara.

    Yaahowu

    Beritanya lihat di http://www.gemaniasbarat.wordpress.com

  24. Terimakasih atas linknya..

  25. Drs Firman harefa said

    Sang ”Matahari Kebijaksanaan”, Keinginan Nias

    Oleh: Drs. Firman Harefa, S.Pd

    Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Laut dan Kepelabuhanan Kantor Administrator Pelabuhan Kelas I Dumai – Riau

    Tiba-tiba saya teringat e-mail yang datang dari Medan itu. Isinya begini; Adakah menurut Anda nilai positif dari pernyataan Gubsu yang saya kirim? Lama saya mencari jawaban dan sempat terabaikan.
    Teman saya itu mengirimkan berita yang ia kutip dari media massa tentang Gubsu (Gubernur Sumatera Utara) H Syamsul Arifin SE saat menerima Pengurus DPP Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) di kantornya, penghujung tahun 2008. Dalam kesempatan pertemuan, banyak hal terkait pembangunan dan kemajuan Nias yang menjadi topik pembahasan.
    Intinya, ada janji dan keinginan yang terlontar dari mulut Gubsu bahwa niatnya membangun Nias cukup besar, terutama meningkatkan perekonomian masyarakat. Dia juga berharap masyarakat Nias menghimpun kekuatan guna membangun Nias kedepan sehingga dapat mengejar ketertinggalannya dari daerah kabupaten/kota yang ada di Sumut.
    ”Saya sangat konsen dengan pembangunan daerah Nias. Untuk itu masyarakat Nias harus bersatu. Dengan potensi pariwisata, kekayaan alam dan laut yang dimiliki sangat besar, yakinklah, Nias bisa mensejajarkan diri dengan daerah lain,” ujar Gubsu seperti dikutip media massa.
    Dari pernyataan diatas dapat disimpulkan bermacam tafsir. Pertama, mengandung optimisme walau kalimat demikian merupakan hal klise dan sering diucapkan para pemimpin. Kedua, tersirat bahwa Nias memang belum maju dan ekonomi masyarakatnya lemah. Terakhir, pernyataan itu mengandung kekhawatiran bahwa tanpa bersatu, Nias mustahil bisa bangkit dari keterpurukan keadaan yang menimpanya.
    Menurut Gubsu, pembangunan di Nias sudah mengalami banyak perkembangan hingga saat ini. Namun dia tak menyangkal, arah kebijakan kurang menyentuh peningkatan ekonomi rakyat. Soal ini saya sepakat dengan beliau. Bahwa sejak gempa melanda Nias, pembangunan fisik yang ada memang nyata. Hanya sayangnya, yang benar-benar dibutuhkan masyarakat soal peningkatan kesejahteraan dan ekonomi seolah terabaikan.
    Adakah hal positif dari pernyataan Gubsu itu? Tentu saya bilang ada. Minimal, sebagai pemimpin tertinggi di Provinsi Sumatera Utara, Syamsul Arifin sudah mengobarkan semangat bagi Ono Niha dimanapun berada. Pernyataan itu juga dapat diartikan Gubsu tak tinggal diam terhadap Nias. Saya yakin, meski baru sebatas pernyataan, semangat tinggi masyarakat Nias untuk maju semakin mendapat laluan besar. Tinggal bagaimana aplikasinya dan diharapkan masyarakat Nias mampu membaca situasi.
    Tapi yang kita harapkan tentu bukan hanya pernyataan dan menggugah semangat masyarakat Nias saja. Yang sesungguhnya penting adalah bagaimana komitmen Gubsu ini bisa selaras antara pernyataan dan tindakan nyata.
    Tiba soal sejalan antara pernyataan dan tindakan ini saya semula agak pesimis. Alasannya, sudah berkali-kali saya dengar pernyataan serupa oleh gubernur-gubernur yang pernah berkuasa di Sumatera Utara sebelum Gubernur Syamsul Arifin. Barangkali wajar rasa tidak percaya itu muncul. Barangkali juga, bukan hanya saya yang punya pikiran begitu. Tapi saya mencoba menganalisa bagaimana dan siapa sosok Syamsul Arifin sebenarnya.
    Dari berbagai penelusuran yang saya lakukan, akhirnya sampai pada kesimpulan bahwa Gubsu yang satu ini memang lain daripada Gubsu-Gubsu sebelumnya. Banyak perbedaan mendasar antara Syamsul dengan para pendahulunya. Yang mencolok, dia adalah Gubsu pertama dipilih secara langsung rakyat Sumut. Selain itu, dari segi kepemimpinan, dia tak diragukan, karena dia mantan Bupati Langkat.
    Soal kedekatannya dengan rakyat, Syamsul tak basa-basi. Dia memegang teguh prinsip pemimpin bukan dilayani tapi harus siap melayani karena masyarakat telah memilih. Gubsu juga mengangkat dirinya sebagai
    sahabat semua suku yang ada di Sumut. Ini berarti, dia benar-benar memahami posisi pemimpin yang memang dituntut bisa diterima kalangan mana saja.
    Dari semua perbedaan itu, ada satu lagi sisi menarik yang dapat dicermati pada sosok Syamsul. Ternyata, selama 38 tahun, baru Syamsul lah Gubsu pertama yang bukan dari kalangan militer. Kita yakin, gaya kepemimpinannya jelas diwarnai latar belakangnya. Maka, berdasarkan fakta tersebut, saya menyimpulkan bahwa dia adalah pemimpin yang mampu merasakan denyut jantung rakyatnya.
    Dan tentunya, pernyataan keinginan Gubsu membangun Nias yang fokus pada pembangunan ekonomi kerakyatan adalah suatu pemikiran yang sangat positif. Sejalan dengan pemikiran saya. Membangun Nias harus dimulai dari pemberdayaan masyarakat dengan mendorong berkembangnya usaha-usaha yang dimiliki dan dikelola masyarakat. Lalu disejalankan dengan pengembangan sumber daya manusia yang memiliki daya saing tinggi. Sebab, pertumbuhan ekonomi tanpa dikelola sumber daya manusia yang bagus, hasilnya tidak akan maksimal dan tidak bertahan lama.
    Misalnya untuk mengelola pertanian, tekonologi sederhana saja belum dikenal masyarakat Nias. Sektor lainnya tak jauh beda. Menurut saya, jika keinginan Gubsu betul-betul mau diwujudkan, ada baiknya dimulai dari hal-hal yang sangat sederhana ini.
    Pada dasarnya masyarakat Nias adalah masyarakat yang mau menerima dan punya keinginan untuk berubah asal jelas arah perubahannya kemana. Masyarakat Nias juga dikenal sebagai pekerja ulet dan tekun. Namun karena daerah ini jauh dan terpencil sehingga selalu tertinggal dalam memperoleh hal-hal yang baru.
    Oleh karena itu, kalau betul Gubsu memiliki keinginan membangun Nias dan tidak hanya keinginan basa-basi, saya menyarankan empat tujuan utama yang perlu dilakukan dalam berbagai program pembangunan ekonomi daerah tertinggal. Yakni:
    1. Pola penganggaran yang terfokus.
    2. Membangun sektor pertanian modern secara bertahap dengan orientasi peningkatan nilai tambah produk.
    3. Program pendampingan yang konsisten, terpadu dan berkelanjutan.
    4. Membangun infrastruktur dasar.

    ***

    Membangun daerah tertinggal seperti Nias memang butuh biaya tak sedikit. Terutama dalam hal pembangunan infrastruktur. Jadi, komitmen pembiayaan dari APBD menjadi hal yang utama. Nah, karena Nias merupakan daerah perbatasan dan berada pada posisi terluar wilayah NKRI, seharusnya memerlukan perhatian yang ekstra. Makanya sistem penganggaran yang berbasis kinerja perlu disertai pola pembiayaan yang terintegrasi.
    Berkaca dari track record Gubsu Syamsul Arifin, saya optimis komitmennya membangun Nias bukan sekedar pemanis bahasa. Dan, sebagai masyarakat Nias, mari kita camkan pesan-pesan dan harapan Gubsu, bahwa Nias akan maju apabila masyarakat Nias bersatu membangun daerahnya. Dengan bersatu, segalanya mungkin dan dapat diraih dengan mudah.
    Akan hal ini, teringat saya pepatah warisan leluhur masyarakat Nias, ”Nahasara khoda dodo, nahasambua gera era, taolikhe gawoni ba taolae guli nasi”.
    Langkah pertama Gubsu mewujudkan keinginanya itu menurut saya sudah didepan mata. Hendaknya pada penetapan Penjabat Bupati dan Wali Kota daerah baru di Nias ke depan, dapat ditunjuk orang-orang yang mampu mewujudkan keinginan membangun Nias.
    Di akhir tulisan ini, saya hendak menyingkap satu lagi hal menarik tentang Syamsul Arifin. Yaitu makna nama pemberian ayahnya itu. Syamsul Arifin berarti Matahari Kebijaksanaan. Dan, Sang Matahari Kebijaksanaan itu telah berucap janji sangat ingin membangun Nias dan masyarakatnya.
    Tentulah kita sambut ini dengan sukacita. Jika tidak, meminjam ucapan Naga Bonar, nanti, apa kata dunia? Lakhomi sebua wahasara dodo. Jayalah Niasku.
    ====

  26. balazi said

    syalom banuada. apa kabar? bung mars saya mau taanya apa sudah jadi pulang di Niasa bualan desember kemarin? kalau saya beluma jdi bung thanks God Bless to All

  27. Drs Firman Harefa said

    Kedaulatan Rakyat dan Masyarakat Nias

    Oleh: Drs. Firman Harefa, S.Pd

    Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Laut dan Kepelabuhanan Kantor Administrator Pelabuhan Kelas I Dumai – Riau

    Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) membatalkan salah satu pasal dalam UU Nomor 10 Tahun 2008 dengan menggugurkan prioritas nomor urut, sekaligus memutuskan bahwa penetapan calon terpilih anggota DPR maupun DPRD berdasarkan suara terbanyak seketika merubah wajah perpolitikan tanah air. Disadari atau tidak, diakui atau tidak kita bisa melihat secara nyata bahwa gairah yang timbul menjelma jadi optimisme baru.
    Terutama para caleg. Bagai mendapat suntikan energi baru, mereka yang semula lesu darah karena berada di urutan ”nomor sepatu” , gegap gempita menyambut keputusan yang terbit di penghujung tahun 2008 ini. Spanduk dan baliho serta berbagai media kampanye yang memang sudah banyak ditebar, jumlahnya semakin meningkat drastis. Gencar promosi dan aktif mendatangi masyarakat pun semakin rutin digelar.
    Terbitnya keputusan penetapan calon terpilih dengan suara terbanyak ini jelas sangat memenuhi asas keadilan. Di urutan berapapun caleg berada, kesempatan untuk duduk di legislatif sama rata. Intinya, siapa yang berjuang maksimal, tentu hasil yang didapatkan maksimal pula.
    Memang keputusan MK ini mengandung pro dan kontra. Tapi saya kira, lebih baik kita ambil sisi posistifnya saja bahwa penetapan calon terpilih dengan suara terbanyak merupakan perwujudan dari demokrasi sejati. Sistem inilah yang paling pas dengan konsep kedaulatan rakyat dan patut mendapat apresiasi karena telah mengembuskan angin segar sekaligus sebagai bentuk penghormatan terhadap suara rakyat.
    Soal masih diperlukan banyak pembenahan terhadap sistem ini, KPU sebagai penyelenggara Pemilu hendaknya proaktif melakukan penyesuaian-penyesuaian sesuai keputusan MK dimaksud. Ini agar tidak terjadi kebingungan serta tidak mengganggu jalannya tahapan Pemilu yang telah dilaksanakan.
    Saya menilai, beberapa keunggulan sistem ini antara lain adalah akan tumbuhnya kompetisi yang fair antara caleg parpol berbeda maupun sesama caleg dalam satu partai. Ujung-ujungnya karena aktif melakukan sosialisasi, popularitas parpol makin terangkat. Sistem ini juga akan memacu parpol melakukan kaderisasi yang benar-benar serius. Sebab, jika tidak, masyarakat pemilih akan menghukum parpol yang tidak menempatkan kader yang baik dalam daftar caleg dengan cara mengalihkan pilihannya pada calon dari parpol lain yang lebih dipercaya dapat menyalurkan aspirasinya. Barangkali juga akan menekan angka golput (golongan putih).
    Dari sisi partai politik, ada yang gembira, tentu pula ada yang kecewa. Nah, bagaimanakah masyarakat seharusnya memaknai sistem suara terbanyak?
    Hemat saya, sederhana saja. Ini harus disyukuri karena setelah sekian lama hak-hak dan kedaulatan rakyat yang terpasung dalam sistem demokrasi sebelumnya, kini telah dikembalikan pada khittahnya. Posisi masyarakat pemilih sudah dipandang penting dan menentukan. Ini berarti, masyarakat tidak lagi memilih kucing dalam karung. Juga, inilah saatnya rakyat bicara. Kita menentukan dan memilih para calon yang benar-benar dikenal dan disukai.
    Bandingkan dengan sistem yang berlaku pada pemilu-pemilu sebelumnya. Mereka yang duduk bukan berdasarkan suara yang di perolehnya. Seorang caleg ditetapkan menjadi anggota legislatif hanya berasal dari kedekatannya dengan partai ketimbang kedekatan dengan masyarakat konstituennya. Jadi, itu adalah kedaulatan rakyat yang semu, penuh kepura-puraan serta penuh kebohongan dan penipuan terhadap rakyat.
    Namun, menyambut ini hendaknya bukan optimisme semata. Masyarakat pemilih harus cerdas. Hindarilah pemberian suara kepada caleg karena rayuan, uang dan lain-lain seperti yang berlangsung selama ini. Dipahami atau tidak, sistem suara terbanyak ini juga berdampak memberikan pembelajaran politik yang sangat berharga bagi masyarakat. Masyarakat akan semakin dewasa dalam berpolitik, serta membentuk insan-insan politik/kader parpol yang betul-betul memahami kehendak dan aspirasi rakyat.
    Karena itu, mekanisme suara terbanyak yang diputuskan MK semestinya menjadi momentum bagi parpol-parpol untuk berubah, dari sekadar ajang merebut kursi menjadi wadah perjuangan untuk mengubah nasib rakyat. Juga, momentum bagi para wakil dan partai-partai untuk berkaca: apa saja yang telah mereka perbuat untuk memperbaiki kehidupan kolektif?
    Jika dengan sistem ini keadaannya juga tak berubah, maka rakyat akan mengadili para wakil dan partai yang tidak bertanggung jawab itu. Diharapkan, parpol bukan hanya memikirkan kepentingan kelompok sempit, tetapi lebih memiliki cakrawala yang luas, sehingga perjalanan demokrasi kita makin ke depan makin sempurna dalam mencapai dan mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.
    Akhirnya, kita sepakati sajalah bahwa ini sesungguhnya demokrasi yang kita mau. Kedaulatan rakyat harus ditegakkan. Rakyatlah menjadi raja sebagai penentu kebijakan publik. Kita harapkan caleg yang terpilih adalah caleg yang benar-benar mempunyai kapasitas yang mumpuni dan mampu untuk menjelaskan program-programnya dengan baik ke masyarakat.
    ****

    Dari paparan diatas, mari kita bertanya, bagaimana masyarakat Nias seharusnya bersikap menyambut kembalinya kedaulatan rakyat ini?
    Demi kedepan yang lebih baik, sesungguhnya pergunakanlah kesempatan ini semaksimal mungkin. Caranya, ketika tiba hari pemilihan wakil-wakil yang duduk di DPRD (5 daerah otonom di Pulau Nias), pilihlah mereka yang memiliki kualitas baik, moral dan akhlak yang bagus, serta punya kepedulian terhadap nasib dan masa depan masyarakat Nias.
    Dengan memilih wakil yang benar-benar berjuang untuk kemajuan Nias, sama artinya kita telah berbuat sesuatu yang tepat untuk Nias yang kita cintai. Kita jangan lagi terjebak dengan rayuan mereka yang mencari simpati, namun ternyata hanya memikirkan diri sendiri. Kita tentu tak mau kalau anggota DPRD yang hanya datang, duduk, dengar, diam dan duit. Juga, kita jangan lagi memilih anggota DPRD yang kerjanya hanya mengejar-ngejar proyek. Apalagi anggota DPRD yang sampai mencoreng nama baik Nias tercinta seperti kejadian yang sangat memalukan; bermain judi di kantor DPRD.
    Saya berharap, kita semua punya harapan bahwa Pemilu 2009 ini kita mendapatkan wakil yang benar-benar memenuhi harapan kita semua. Sekali lagi, semua itu ada di tangan kita. Kita ingin yang terbaik, maka berikanlah pilihan pada putra-putri Nias yang terbaik. Putra-putri Nias yang berpikir demi dan untuk Nias. Semoga.

  28. balazi said

    bung bagaimana cara masukan foto ke web nias baru? soalnya saya mau masukan foto. thanks Gbu

  29. bebalazi said

    ya.ahowu banuada. hadia duria…? bung pakah ernius lombu pernah kunjungi website da,a…?

  30. Redaksi said

    Hallo sdr. Bebalazi L.
    Sdr Ernius L. pernah but tidak ngasih komentar. Atau beritahu lagi ama dia….

  31. Putri Miseri Gulo said

    Saya sudah berkunjung di Situs ini..
    Wah,saya sangat kagum apalagi saya membuat Grup FB Mandrehe dalam Dunia FACEBOOK,itu artinya saya sangat ingin berbagi / bertukar cerita dan informasi dengan saudara marinus sehingga berita2 yang saya sampaikan di GRUP tsb benar2 up to date…
    Dan untuk semua warga masyarakAt mandrehe yang mempunyai FB,mari bergabung di Grup milik kita bersama..
    Ya’ahowu ita Fefu

  32. Salam Kenal buat Saudara Marinus Waruwu.

    Saya salut dan bangga sebagai Mado atas postingan2 anda di Blog ini maupun di Blog lainnya.

    Saya juga merindukan dan mengharapkan sama seperti anda dalam membuat blog, namun saya menemukan beberapa kendala. Terutama dalam hal menambah WIDGET pada menu utama di header blog saya. Apakah Mado bisa bantu saya. atau mungkin ada tutorial referensi yang bisa menjadi acuan saya.

    Terimakasih atas perhatiannya.

    Ya’ahowu

    Fatielison Waruwu

  33. niasbaru said

    Salam Kenal juga sdr. Fetielisol Waruwu.

    Terima kasih atas support Mado untuk perkembangan website yang sederhana ini. Kita tahu bahwa website tentang nias kini memang lumayan banyak, termasuk yang dibuat oleh Mado sendiri. Kendati sederhana, tapi kita berharap semoga isi, ide atau gagasan yang mau disampaikan oleh website2 kita ini dapat menjadi masukan kepada para pemimpin kita di nias bagaimana membangun masyarakat yang beradab dan sejahtera.

    Berkaitan dengan penambahan WIDGET, yang menjadi keluhan Mado, memang beberapa bulan tarakhir wordpress selalu berubah tampilan terutama dalam hal membuat blog. Sewaktu saya dan beberapa teman membuat blog ini masih mudah untuk menambah WIDGET.
    Kemarin saya coba2 buka kembali bagaimana cara menambah WIDGET, mado coba klik tulisan yang ada WIDGET. Biasanya ada tulisan WIDGET, dan mado bisa mulai membuatnya dengan mengikuti ketentuan yang ada!

    Salam Sukses

  34. Salam Kenal…!!!

    Apa kabar, Kiranya dalam keadaan sehat.

    Kunjungi kami di http://www.bidikonline.com

  35. Fasaeli Zega,SH. said

    Selamat buat Peresmian DOB di Kab.Nias Utara.
    Semoga awal yang baik bagi kelangsungan kehidupan masyarakat Kanira.

  36. ferinus zai said

    sender : Ferinus Zai ( Feris_zai@yahoo.com)

    Ya’ahowu fefu Banuada,

    Sungguh satu terobosan dan kreatifitas yg tinggi yang saudara marinus waruwu telah lakukan , terutama berhasil mengumpulkan kita ( orang nias ) di Forum ini/website ini.saya berharap agar berita2 yg aktual ini menjadi acuan atau reminder bagi kita untuk lebih Responsif lg terhadap info/kasus yg ada di daerah kita Pulau Nias.

    Selamat Berjuangxxxxxxxxx

  37. Ya’ahowu ! Salam kenal pak marinus dan apresiasi dari saya tentang situs yang anda kelola ini adalah CUKUP BAIK dibandingkan yang lainnya, dan semoga lebih baik lg dimasa yang akan datang. Klu boleh saya saran,kalau bisa… Agar isi berita/topik dan respon diseleksi,hanya memuat topik dan respon yang sifatnya positif serta membangun dan untuk mempererat persaudaran sebagai orang Nias. Buatlah situs ini beda dgn yang lain dengan tidak memuat topik/respon yg mengandung SARA apalagi klu hanya sekedar dijadikan ajang berkelakar dan yg lainnya. Salam sukses dari saya semoga dikesempatan lain saya akan mampir lagi. YA’AHOWU!

  38. ryus lase said

    nias selamat berkembang…dan maju Terus Pantang mundurrrrrr

  39. yusman zendrato said

    salam kenal buat Bung Marinus….saya salut dengan web blog yang Bung kelola ini, semoga web ini dapat memberi manfaat untuk kemajuan masyarakat dan para pemimpin Nias.

  40. niasbaru said

    Yusman Zendato

    Terima kasih Bung!

    Salam kenal. Tuhan memberkati!

  41. Yaahowu bung Marinus,
    hari ini (22/8/10) adalah kunjungan perdana saya disini, Saya Salut atas ide dan terobosan ini,
    salam kenal semoga sukses selalu, terimakasih

    Sabayuti Gulo (Sbytgulo@ymail.com)

  42. advent hia said

    yahowu. Kunjungan perdana….

    salam kenal

  43. @ k.Sehati ini Beba..apa kk masih ingat beb? n kk sekarang dimana? ok apakah kk ADA alamat fb…ini alamt sya beb_lombu@yahoo.co.id..thanks jbu

    • sehati lombu said

      adk eba yang yang saya kasihi salam jumpa kembali. Iya adk saya ingat !! skrg saya lagi di Jakarta lagi studi lagi mengmbil Ilmu Gizi di STIK sint Carolus, kapan kajakarta? maaf ya adk kadang2 saya tidak sempat membuka web ini karna dah saya udah mulai praktek, saya baru Mahasiswa
      baru hehehe… Fbq. tulis saja sehati disana akan muncul wajah saudaramu makasih ya.. adk slamat menyusus Spc GBU.

    • sehati lombu said

      met malam adek fegolo2 saohagolo, selamat mempersiapka diri untuk menyambut hari Tuhan, jangan luapa jaga kesetan

  44. bung, k sehatiny mana?

    • Marinus W. said

      Yaahowu Sibaya

      Saya tidak usah memberitahukan lagi sibaya. Kan dah dpt….

      Selamat bertemu, dn sharing di dunia maya ini.

      Slm Kasih

  45. K, sehati Lombu & Sdr Marinus Waruwu apa kabar siang ini? apakah ada sesuatu planing ke depan untuk kemajuan niasbar secara khusus hilisangawaola….???

  46. Marinus W. said

    Yaahowu..
    Duria sibaga-baga moroi ba Bandung Sibaya dan Tantegu Sr.

    Hadia duria moroi sa bada`o?

    Yaaga Ba Bandung Sehat2 mano…

    • yaahowu duria sisokhi mano, yafaoma itilo ita lowalangi,Dek Marinus hadia halowomo iadaa? adek Beba lagi sibuk apa to?

      • Marinus W. said

        Hallo Ka Sehati…ia sekrng saya Top di kuningan ka…
        Sebelumnya ngajar di SMA dan SMP di Aloysius High Scholl di Bandung….skrng dah pindah ke kuningan…

        selamat ka ya dengan studinya!

      • sehati lombu said

        kuningan dimana?

      • buala sokhi lombu said

        BUAT WARUWU
        saya salut dgn perjuangan saudara marinus waruwu karna kerendahan hati dan tdk lupa akan kristus dlm karier sejak kecil bahkan sempat saya serempak belajar ketika di smp4 mandehe!

        saya dukung trusss anak pulau nias maju!!!!

  47. ya,ahowu! yang meras ono niha silakan join in Grup Facebook ” Nias Only” denagn alamat email (Beb_lombu@yahoo.co.id)undang semua teman-teman untuk gabung ok..

    catatan grup ini memiliki kelebihan dari grup lain. karena dalam grup ini kiat dapa melakukan conference secar langsung…dan yang paling penting asyik…

    selamat siang Tuhan Berkati!

    By Bebalazi Lombu
    STT PROVIDENSIA
    BATU-MALANG JAWA
    TIMUR

  48. sehati lombu said

    yoi I lake…………….

  49. salam kenal saudara waruwu’saya sangat senang dengan halaman webblog yang saudara redaksikan mg halaman ini bisa bermanfaat untuk kita semua dan untuk anak masyarakat nias’.NIas is the best

    saudara saya domisili di papua saat ini klow saudara pingin bertukar pikiran silahkan buka di switer.com.
    saohagolo
    ya’ahowu

    • sehati lombu said

      Salam kenal sdra Aferius Zendato.sudah lm di papua?, disana karna apa? selamt …….menjlnkankn tugas…….. slm u mrk ..orang papua…..

  50. smoga di tahun2 yang akan datang pulau nias perekonaomiannya semakin maju…dan bisa dikenal di seluruh dunia melalui tempat wisatanya.

  51. mari kita sama2 membangun daerah nias…!!!

  52. sehati lombu said

    slamt melanjudkan cita – citanya smoga harapan dan mimpi mnjadi kenyataan

  53. aferius zendrato said

    met kenal jg kasih hati;saya di papua hanya mencari hidup’saya di papua sendir,,,,

  54. hai……?saya damarius harefa di gunungsitoli,and sekolah di smk negeri 1 gunung sitoli,gue salut buanget ni napa ya perkembangan anak nias saat ni makin srrrek buanget deh,dulu kan cari teman itu susah pa lagi kita ngk kenal ma dia,nah skrg syapa pun dia,orang mana aja, yp terptng hatinya tu baik

  55. asslm……hai teman2 gi ngapain ni,,hbt ya skrng ank2 nias mkin modern aja tmbh luas wawasan y..met knl aja ya..

  56. Marinus W. said

    Yaahowu Damarius Harefa

    Salam kenal dek. Saohagolo sudah berkunjung di website ini Ya…

    smg dgn melihat website ini, Dek Dama juga makin rajin dalam belajar dan dalam meraih cita2 ya…

    Yaahowu

  57. kristina Gea said

    saya begitu senang membaca data-data saudara yang ada di situs Nias Bangkit, saya harap supaya Nias kita tetap bersatu untuk maju…………

  58. kristina Gea said

    jadikanlah Nias sebagai tujuan kita semua………

  59. kristina Gea said

    oz,,klw boleh taw,,,di sana kawan ngapaen,,,,,

  60. saronia larosa said

    Selamat buat Nias baru dan khususya sdr.Waruwu…kembangkan trus,semoga bermanfaat,,Yaahowu

  61. darman zega said

    salam kenal NIAS BARU mudah-mudahanmenjdi contoh terbaik di tngah-tengah masyarakat Nias yang kita cintai

  62. SALAM KENAL NIAS BARU AGAR MENJADI MAJU TRUZ

  63. Charlyman Nazara said

    Salam Kenal………!!!
    Nias Baru menjadi inspirasi bagi masyarakat Nias dalam membangun daerah yang tertinggal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: